Sukses

Tips Menurunkan Berat Badan hingga Terbiasa dengan Rutinitas Kebugaran

Setelah menyelesaikan periode diet ketat, berat badan yang mereka turunkan sering kali kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang berdiet dan berolahraga dengan sengaja menurunkan berat badan akan menghadapi plateau yang ditakuti. Plateau sendiri adalah tahap kemajuan yang terjadi ketika tubuh terbiasa dengan tuntutan rutinitas kebugaran saat ini.

Dikutip dari CNN, Jumat, 29 Juli 2022, penurunan jumlah pada skala yang mereka lihat selama beberapa waktu berhenti, dan mereka tampaknya tidak dapat mendorong di bawah penghalang itu, bahkan dengan pembatasan yang terus berlanjut, kata Shana Minei Spence, ahli diet terdaftar di New York.

Setelah mereka menyelesaikan periode diet ketat, berat badan yang mereka turunkan sering kali kembali. Ketika itu terjadi, biasanya menunjuk pada kurangnya disiplin atau kemauan keras sebagai penyebab tidak tercapainya ideal kurus yang dipromosikan secara sosial.

Namun mungkin ini saatnya untuk menggali lebih dalam, tidak hanya seberapa berharganya berjuang untuk tipe tubuh itu, tetapi juga apakah praktik diet ketat berhasil, terutama mengingat biologi kami, kata Sam Previte, ahli diet terdaftar dan pendiri Find Food Freedom di Ponte Vedra Beach, Florida.

Masukkan teori set point, salah satu dari beberapa teori untuk menjelaskan bagaimana tubuh Anda mengatur bentuk dan ukurannya, menurut Dr. Steven Heymsfield, seorang profesor metabolisme dan komposisi tubuh di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana State University. Teori tersebut menunjukkan bahwa setiap tubuh kita memiliki proses biologis untuk menjaga kisaran berat tertentu dan itu terjadi di luar kemauan kita, tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Biologis

Konsep ini sulit dipelajari secara menyeluruh, karena cara mengujinya pada manusia akan menjadi tidak etis, kata Jeanette Thompson-Wessen, ahli gizi di Inggris yang fokus pada nutrisi tanpa tujuan menurunkan berat badan. Tetapi ada studi observasional yang mendukung gagasan bahwa manusia dan bahkan hewan memiliki berat badan yang cukup konsisten, tambahnya.

"Ada sedikit fleksibilitas dengan berat badan. Tapi kita tahu bahwa dengan teori set point, tubuh kita selalu berjuang untuk kembali ke homeostasis ke tempat yang diinginkannya," tambah Previte.

Itu mungkin awalnya terdengar mengecewakan bagi mereka yang telah mencoba menurunkan berat badan, terutama dalam lanskap budaya yang memuji tubuh lebih kurus. "Kami diajari untuk tidak gemuk ketika kami benar-benar seperti berusia satu tahun," kata Dr. Asher Larmie, seorang dokter umum dan aktivis yang berbasis di Inggris. "Kami tumbuh dengan keyakinan bahwa lemak itu buruk, dan kami harus melakukan apa pun untuk tidak menjadi gemuk."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Memahami Kebutuhan

Tetapi siklus pembatasan dan relaksasi yang konsisten, penurunan berat badan yang disengaja, dan penambahan berat badan telah terbukti tidak sehat bagi tubuh kita, kata Larmie. Dengan memahami kebutuhan individu dan set point tubuh kita, kita mungkin dapat merangkul varian yang lebih besar dari tubuh yang sehat dan indah serta melayani kebutuhan kesehatan unik kita dengan lebih baik, kata para ahli.

Mencari tahu set point tubuh berasal dari mendengarkan tubuh Anda. "Terkadang kita lupa bahwa kita semua memiliki berat badan tertentu yang membuat tubuh kita merasa nyaman," kata Spence. "Jika Anda harus berolahraga seperti dua atau tiga kali sehari, jika Anda harus sangat membatasi diri -- saya selalu mengatakan jika Anda merasa harus hidup hanya dengan makan kue beras, itu bukan berat badan Anda. benar-benar di mana Anda seharusnya berada."

Larmie benar-benar percaya pada tubuh manusia yang memberi tahu kita apa yang dibutuhkannya. Saat kita kedinginan, kita menggigil. Saat kita kepanasan, kita berkeringat. Ketika kita membutuhkan air, kita menjadi haus. Ketika kita membutuhkan makanan, kita merasa lapar, kata mereka.

4 dari 4 halaman

Realistis

Sulit untuk melepaskan ide-ide yang telah beredar tentang bagaimana seharusnya tubuh terlihat bahagia dan sehat, kata Bri Campos, seorang body image coach. Alih-alih berjuang melawan biologi untuk mendapatkan penampilan fisik di mana tubuh Anda tidak merasa baik, para ahli merekomendasikan untuk melepaskan cita-cita yang tidak realistis dan menerima seperti apa kesehatan dan kenyamanan pada tubuh Anda, tambah Campos.

Prosesnya bisa jadi sulit, meskipun itu berarti mengucapkan selamat tinggal pada cara berpikir yang tidak membuat Anda bahagia. Spence merekomendasikan untuk kurasi feed media sosial Anda untuk merayakan tubuh yang berbeda.

Jika sebuah perusahaan atau program mencoba menjual saran nutrisi kepada Anda tanpa memeriksa kebutuhan dan keadaan spesifik Anda, itu adalah tanda bahaya, tambahnya. Tetapi menerima tubuh Anda tidak selalu berarti merasa hebat tentangnya, kata Spence.

"Kamu tidak harus menyukainya, tetapi kamu harus menghormati tubuhmu dan bersikap baik padanya. Kalau tidak, hubungan seperti apa itu?" kata Spence. "Jika Anda memiliki hubungan dengan seseorang dan Anda tidak benar- benar berbicara dengan mereka, tidak benar-benar menyukainya, terus-menerus terganggu oleh mereka dan melakukan semua yang Anda tidak bisa untuk berhubungan dengan mereka - itu adalah hubungan yang sangat beracun. "

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.