Sukses

Cara Membuat Pare Bumbu Rendang untuk Berbuka Puasa

Pare bisa dicampur dengan bumbu rendang jadi hidangan yang lezat untuk berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Pare merupakan sayuran yang mudah ditemukan di pasar-pasar. Bahkan penjaja sayuran keliling pun sering membawa pare. Pare bisa dijadikan olahan dengan bumbu rendang untuk berbuka puasa.

Meskipun sering dianggap sebagai sayur, pare termasuk ke dalam golongan buah-buahan karena memiliki biji di dalamnya. Umumnya, pare sering ditumis untuk dijadikan sayuran atau digoreng sebagai lauk.

Pare juga memiliki reputasi negatif bagi sebagian orang karena rasanya yang pahit. Padahal, pare telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama karena memiliki segudang manfaat.

Pare mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan seng.

Karena itulah pare menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari kanal Lifestyle Liputan6.com, beriku manfaat mengonsumsi pare.

1. Menangkal Radikal Bebas

Mengonsumsi seporsi pare akan memenuhi 54 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam pare akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Manfaat pare bisa mengurangi resiko kanker kulit dan kerusakan sel.

2. Membantu Produktivitas Kolagen di Dalam Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam pare akan membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah. Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

3. Mengobati Ruam Kemerahan Karena Sengatan UV

Air rebusan pare atau jus pare segar merupakan pendingin kulit yang baik. Keduanya cukup efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi karena sengatan sinar ultra violet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Bahan-Bahan:

2 buah pare

2 SDM minyak sayur untuk menumis

300 ml air

Bumbu yang dihaluskan :

6 buah bawang merah

3 siung bawang putih

2 buah cabai merah keriting

1 batang serai bagian putih

2 ruas jari lengkuas

2 ruas jari jahe

1 sdt ketumbar bubuk

1/2 sdt jinten bubuk

Bumbu rempah :

1 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 batang serai, memarkan

2 buah bunga lawang

3 buah cengkeh

1 ruas jari kayu manis》 Bumbu perasa (sesuaikan selera) :1 sdt himsalt1/2 sdt kaldu jamur bubuk2 SDM gula merah sisir

Langkah Pembuatan:

Potong pare sisihkan bijinya, iris tipis.

Beri 2 SDM garam, remas-remas, bilas bersih 2-3 kali, sisihkan. Blender bahan bumbu halus.

Langkah Pembuatan:Untuk membuat pare bumbu rendang yang nikmat, berikut beberapa langkah pembuatannya.

1. Panaskan minyak sayur di teflon, tumis bumbu halus dan semua bumbu rempah hingga harum. Tuang air masak hingga mendidih.

2. Masukkan irisan pare, aduk rata. Masak hingga air menyusut, koreksi rasa sesuai selera. Matikan api kompor, angkat.

3. Pare Bumbu Rendang siap untuk disajikan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pare yang Lain:

4. Mengendalikan gula darah

Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Manfaat pare bisa membantu menurunkan gula darah. Konsumsi pare dapat membantu sel-sel kamu mendapatkan glukosa sebagai makanan. Manfaat pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

5. Meningkatkan kekebalan tubuha

Manfaat pare mengandung antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

6. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pare mengandung flavonoid seperti alpa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata. Sehingga, manfaat pare lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

3 dari 3 halaman

Pencernaan

Meskipun pare termasuk buah yang rendah kalori, tapi buah ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat makanan membantu pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan.

Manfaat pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kandungan charantin yang tinggi mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen, yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak

8. Mengobati masalah kulit

Senyawa antifungi dan antibakteri yang ada dalam pare melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.

9. Membantu mengobati HIV dan Herpes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirus, dapat membantu mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.