Sukses

Serba-serbi Met Gala 2022, dari Tema hingga Pembawa Acara

Met Gala 2022 akan diselenggarakan pada di New York City pada 2 Mei 2022 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Met Gala 2022 siap kembali hadir dengan gelaran yang semarak dan bertabur bintang. Tahun ini, acara itu mengusung tema "In America: An Anthology of Fashion" yang dibangun berdasarkan prinsip gaya Amerika dan merayakan pahlawan tanpa tanda jasa dari desain Negeri Paman Sam.

Dikutip dari Vogue, Selasa (26/4/2022), momen ini nantinya hanya berselang delapan bulan sejak Kim Kardashian menaiki tangga Met Gala dengan topeng Balenciaga. Met Gala 2022 siap dilaksanakan pada 2 Mei 2022 di New York City.

Met Gala 2022 merayakan volume kedua dalam pameran Costume Institute dua bagian. Yang pertama, In America: A Lexicon of Fashion, dibuka pada 18 September 2021, dan didahului oleh Met Gala 2021 pada 13 September.

Tema untuk bagian kedua adalah "In America: An Anthology of Fashion", dan pameran ini akan menampilkan Andrew Bolton, kepala kurator Institut Kostum Museum Seni Modern, fokus pada inklusivitas dalam mode. "Siapa yang bisa menjadi orang Amerika?" adalah pertanyaan yang diajukan di pertunjukan musim semi/musim panas 2020 Prabal Gurung, dan akan dibahas juga di Met Gala 2022.

Adapun pameran yang dipresentasikan di 13 ruang periode Amerika di museum, itu "memberikan konteks sejarah untuk Lexicon, dengan cara tertentu," kata Bolton kepada Vogue.

"Cerita-cerita tersebut benar-benar mencerminkan evolusi gaya Amerika, tetapi mereka juga mengeksplorasi karya penjahit individu, pembuat pakaian, dan desainer," katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gelaran Met Gala

Hal yang menarik baginya adalah beberapa nama akan sangat akrab bagi mahasiswa mode, seperti Charles James, Halston, dan Oscar de la Renta. Tetapi, banyak dari nama-nama lain yang benar-benar telah dilupakan, diabaikan atau diturunkan ke catatan kaki dari sejarah mode.

"Jadi salah satu tujuan utama dari pameran ini adalah untuk menyoroti bakat dan kontribusi dari individu-individu ini, dan banyak dari mereka adalah perempuan," tambahnya.

Pada 17 Maret 2022, Vogue mengumumkan bahwa pembawa acara Met Gala pada 2022 akan menyertakan Regina King, Blake Lively, Ryan Reynolds, dan Lin-Manuel Miranda sebagai co-chair resmi malam itu. Sementara, desainer Tom Ford, Adam Mosseri dari Instagram, dan Anna Wintour dari Vogue akan melanjutkan peran sebagai wakil ketua kehormatan.

Anna Wintour telah menjalankan Met Gala sejak 1995, menjadikannya sebagai perayaan mode tahunan yang sangat disukai yang kita kenal sekarang. Tahun lalu, Vogue menyiarkan langsung Met Gala di situs webnya, mulai pukul 17:30 EST.

Liputan tersebut dipandu oleh aktor dan artis rekaman Keke Palmer, dan aktor, penulis, dan sutradara Ilana Glazer. Mereka mewawancarai para tamu saat mereka tiba di karpet merah Met Gala. Penggemar mode dapat mengikuti semua aksi di siaran langsung Vogue sekali lagi di 2022.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Met Gala?

Diselenggarakan dan dipimpin oleh Anna Wintour sejak 1995, Met Gala telah menjadi perayaan fashion tahunan yang sangat dicintai. Met Gala adalah acara amal yang dianggap sebagai penggalangan dana untuk Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute, yang secara tradisional telah dijadwalkan untuk menandai pembukaan pameran mode tahunannya.

Tamu harus mematuhi kebijakan larangan telepon (dan, oleh karena itu, tidak boleh menggunakan media sosial). Namun, Kendall Jenner menyebut tampilan di balik layar Met Gala melalui kameranya tahun lalu.

Acara ini biasanya melibatkan artis papan atas dan para tamu selalu menjelajahi pameran sebelum duduk bersama untuk makan malam. Met Gala berlangsung di Metropolitan Museum of Art di New York City pada Senin pertama bulan Mei setiap tahun (dengan pengecualian acara 2021, yang berlangsung pada bulan September karena pembatasan Covid).

Acara ini biasanya menampung sekitar 600 peserta, meskipun jumlah yang lebih kecil menghadiri Met Gala 2021. Acara ini menyambut bintang, kreatif muda, dan paragon industri setiap tahun.

4 dari 4 halaman

Met Gala 2021

Setelah Met Gala 2020 dibatalkan karena pandemi, Costume Institute mengumumkan versi dua bagian untuk 2021 dan 2022. Pameran pertama, dengan tema In America: A Lexicon of Fashion, dibuka pada 18 September dan 2021.

Met Gala 2021 yang dipandu oleh Timothée Chalamet, Billie Eilish, Amanda Gorman, dan Naomi Osaka dan berlangsung lima hari sebelumnya pada 13 September. Tema untuk bagian pertama merayakan desainer Amerika, serta peristiwa budaya, politik, dan sosial yang terjadi selama pandemi.

"Yang utama adalah fakta bahwa komunitas mode Amerika telah mendukung kami selama 75 tahun, benar-benar sejak awal Costume Institute, jadi saya ingin mengakui dukungannya, dan juga untuk merayakan dan merenungkan mode Amerika," kata Andrew Bolton selaku kurator yang bertanggung jawab atas Costume Institute kepada Vogue saat itu. 

Ia pikir penekanan pada kreativitas sadar benar-benar dikonsolidasikan selama pandemi dan gerakan keadilan sosial. Bolton sangat terkesan dengan tanggapan desainer Amerika terhadap iklim sosial dan politik, khususnya seputar masalah inklusivitas tubuh dan fluiditas gender.

"Saya hanya melihat pekerjaan mereka sangat, sangat reflektif. Saya benar-benar percaya bahwa mode Amerika sedang mengalami Renaisans. Saya pikir desainer muda, khususnya, berada di garda depan diskusi tentang keragaman dan inklusi, serta keberlanjutan dan transparansi, lebih dari rekan-rekan Eropa mereka, mungkin dengan pengecualian desainer Inggris," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.