Sukses

Lokasi Syuting Film IP Man 4, dari China ke Inggris

IP Man 4 mengisahkan guru seni beladiri wing chun itu datang ke Amerika Serikat untuk membantu murid kesayangannya, Bruce Lee.

Liputan6.com, Jakarta - IP Man jadi salah satu film yang banyak ditonton para penggemar film. Film tersebut terbilang sukses karena dibuat hingga sekuel keempat, yang disebut sebagai sekuel terakhir dari IP Man.

IP Man 4: The Finale adalah film drama aksi biografi seni bela diri Tiongkok yang disutradarai oleh Wilson Yip. Skenario film ini ditulis oleh Tai-lee Chan, Hiroshi Fukazawa, Lai-Yin Leung. Film ini diproduksi oleh Raymond Wong dan berdasarkan kehidupan grandmaster Wing Chun dari nama yang sama.

Dikisahkan, Ip Man (Donnie Yen) datang ke Amerika Serikat untuk membantu muridnya, Bruce Lee (Kwok-Kwan Chan). Rupanya sang murid mendapat diskriminasi rasial karena membuka sekolah seni bela diri Wing Chun di negeri Paman Sam tersebut.

Selain Donnie Yen, film ini dibintangi oleh Scott Adkins, Kwok-Kwan Chan, Chris Collins, dan Vanness Wu. Film ini dirilis pada 20 Desember 2019.

Tahukah Anda bila lokasi syuting film yang dibintangi Donnie Yen itu tidak diambil di Amerika Serikat seperti kisah aslinya? Ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi syuting film tersebut, yaitu di China, Preston dan Lancashire di Inggris, dilansir dari laman Latlong.net, Selasa, 22 Februari 2022.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pantai Crosby

Salah satu tempat yang dijadikan lokasi syuting IP Man 4 adalah Pantai Crosby di Liverpool. Pantai ini telah mendapat penghargaan Quality Coast Award (QCA) oleh Keep Britain Tidy dilansir oleh laman Southport.

Penghargaan QCA menunjukkan kepada pengunjung bahwa standar pengelolaan pantai adalah kualitas tertinggi di Inggris. Pengunjung dapat berjalan di sepanjang Pantai Crosby dan Coastal Path dan menikmati pemandangan laut, Wirral, dan Wales Utara. 

Di pantai ini terdapat 100 patung yang mengubahnya menjadi hotspot wisata yang ramai dikunjungi. Patung-patung setinggi manusia itu disebar di lepas pantai, tepatnya sekitar 3,2 km dari bibir pantai.

3 dari 6 halaman

Stasiun Bus Preston

Dalam salah satu adegan, IP Man 4 berlangsung di stasiun bus Preston. Terminal bus bernama Preston Bus Station di Inggris utara itu meraih penghargaan Moderism Prize 2021 dari World Monuments Fund. Terminal bus ini menjadi sebuah monumen yang berperan sebagai pusat angkutan pada masanya.

World Monuments Fund memberikan Moderism Prize 2021 setiap dua tahun sekali bagi para arsitek dan desainer. Penghargaan World Monuments Fund ini diserahkan secara simbolis dalam acara AIA New York Center for Architecture di New York, Amerika Serikat, pada 14 Desember 2021.

4 dari 6 halaman

Preston di Lancashire

Syuting IP Man 4 berlangsung di ibu kota Lancashire, Preston, di Inggris. Lancashire merupakan sebuah county di Inggris yang memiliki luas wilayah 3.075 km persegi dan populasi 1.439.200 jiwa. Ibu kota Lancashire ialah Preston.

Lancashire memiliki sejumlah destinasi menarik yang dapat dikunjung wisatawan. Tempat ini juga jadi tujuan wisata yang bernuansa pedesaan.

Di sana juga terdapat kastil Lancaster yang megah. Di sana juga banyak rumah bergaya Georgia. Rumah bergaya Georgia memiliki ciri keanggunan yang bersahaja. Rumah bergaya Georgia dibangun untuk memberi kesan lebih banyak ruang dan cahaya alami.

Sementara itu, Preston merupakan bekas kota pasar yang diberi status kota pada 2002. Pada abad ke 14 penenun Flemish menetap di Preston, membangun industri tekstil yang akan memberi daya ekonomi hingga pertengahan abad ke-20. Sir Richard Arkwright, orang yang menemukan kerangka pemintalan revolusioner pada 1.700-an lahir di sini.

 

5 dari 6 halaman

Church Fenton

Tempat lain yang dijadikan lokasi syuting IP Man 4 adalah Church Fenton atau Kirk Fenton. Tempat ini adalah sebuah desa dan paroki sipil di Distrik Selby, Yorkshire Utara, Inggris.

Church Fenton berjarak sekitar 25 km di sebelah timur Leeds. Desa-desa tetangga Church Fenton adalah Cawood dan Ulleskelf. Tempat ini memiliki semangat komunitas yang solid dan ramah, memiliki sekolah dasar dan pembibitan sendiri, penitipan anak Jigsaw, dan klub luar sekolah.

6 dari 6 halaman

Infografis Perfilman Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.