Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Kabupaten Karo yang Punya Pagoda Tertinggi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini salah satunya memuat sederet fakta menarik Kabupaten Karo. Wilayah di Sumatra Utara ini, yang merupakan rumah pagoda tertinggi di Indonesia, beribu kota kabupaten di Kecamatan Kabanjahe.

Posisinya sejauh 77 km dari kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatra Utara. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.127,25 km persegi dan jumlah penduduk pada 2020 sebanyak 404.998 jiwa, dengan kepadatan 190 jiwa per km persegi.

Selanjutnya, kabar duka meninggalnya Maura Magnalia juga menarik perhatian. Putri Nurul Arifin ini mengembuskan napas terakhir di usia 27 tahun. Berita menyedihkan ini disampaikan Nurul melalui akun Instagram pribadinya.

"Gone to soon, my angle Maura. Finally you find your peace. Ibu, Bapak dan Dimel will always miss you (Terlalu cepat pergi, bidadariku Maura. Akhirnya kamu menemukan kedamaianmu. Ibu, Bapak, dan Dimel akan selalu merindukanmu)," tulis Nurul.

Terakhir, pemerintah Australia sepakat mengeluarkan dana 20,05 juta dolar Australia (sekitar lebih dari Rp200 miliar) untuk membeli hak cipta bendera Aborigin. Keputusan itu sekaligus mengakhiri perdebatan panjang mengenai penggunaan bendera tersebut untuk kepentingan publik.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pemerintahnya telah "membebaskan bendera Aborigin untuk orang Australia." Kesepakatan terjadi setelah pihaknya bernegosiasi dengan Harold Thomas, seniman berdarah Aborigin yang mendesain bendera itu pada 1971.

Ketiga bahasan tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

6 Fakta Menarik Karo, Punya Pagoda Tertinggi di Indonesia

 

Berastagi, sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, merupakan lokasi Taman Alam Lumbini, replika Pagoda Shwedagon di Myanmar. Taman seluas kira-kira tiga hektare ini terletak di komplek International Buddhis Centre - Taman Alam Lumbini, tepatnya di Desa Dolat Rayat, Kota Brastagi.

Taman ini dipusatkan sebagai tempat peribadatan dan wisata religi agama Buddha. Secara keseluruhan, taman yang dikenal dengan nama pagoda emas ini masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dan merupakan replika tertinggi kedua di Asia Tenggara. 

Selengkapnya...

Unggahan Terakhir Putri Nurul Arifin, Maura Magnalia Sebelum Meninggal Dunia

Sebelum meninggal dunia, Maura Magnalia sempat membagikan unggahan terakhir. Putri Nurul Arifin ini membagikan enam potret pada 23 Januari 2022.

Ia terlihat mengenakan kaus hitam dari label Istanbul dengan tangannya yang diletakkan di belakang kepala. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai dan ia tampil dengan alis yang dipertegas, serta memakai eyeliner hitam.

Selengkapnya...

Akhir Kisah Sengketa Hak Cipta Bendera Aborigin Australia yang Kontroversial

Selama lebih dari 50 tahun, bendera Aborigin jadi simbol protes dan perayaan penting bagi orang Aborigin Australia. Namun, masalah muncul terkait penggunaannya oleh publik setelah Thomas memberikan lisensi desain tersebut pada sejumlah perusahaan untuk digunakan di berbagai produk mereka.

Tidak seperti bendera nasional lain yang hak ciptanya dipegang persemakmuran, hak cipta bendera itu dimiliki Thomas. Ia memberikan hak eksklusif untuk menggunakan desain bendera itu di apparel dan media lain pada WAM Clothing. 

Selengkapnya...

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Usai Libur Akhir Tahu