Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Heboh Tempat Sambal Pedagang Nasi Goreng Berjamur

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, konten TikTok jadi buah bibir warganet. Melalui video berdurasi 32 detik, tampak tempat sambal penjual nasi goreng berjamur, dan bahasan ini masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini.

"Soalnya basi gitu (rasa nasi goreng pesanannya). Pakai bumbu yang mana tadi? Yang ini ya?" kata seorang pemilik akun, mengarahkan video ke arah tempat sambal. Setelah tutup wadah tersebut dibuka, si pemilik akun bertanya, "Ini bukan jamur? Itu yang di pinggir-pinggirnya?"

Beranjak ke penetapan nama aktivis iklim Greta Thunberg sebagai nama spesies katak baru. Ini merujuk pada sebuah jurnal ilmiah yang mengumumkan spesies katak baru minggu lalu, Pristimantis gretathunbergae.

Hewan itu ditemukan di pegunungan terpencil di hutan hujan Panama sekitar satu dekade lalu, tapi baru saja dinamai secara resmi. Pengumuman tersebut datang dari Rainforest Trust, yang merayakan ulang tahun ke-30 mereka pada 2018 dengan melelang hak penamaan untuk beberapa spesies yang baru, termasuk Greta Thunberg Rainfrog yang disebutkan di atas.

Terakhir, topik tentang pengertian tahun Macan Air pada Imlek 2022 juga tidak kalah menarik perhatian pembaca. Perhitungannya merujuk pada zodiak China, dimulai dari Tahun Baru Imlek 2022 pada 1 Februari 2022.

Macan menempati urutan ketiga dalam siklus 12 tahun dari tanda-tanda zodiak China. Tahun Macan Air di antaranya terjadi pada 1914, 1926, 1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, 2022, dan 2034.

Ketiganya terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

Video Viral Tempat Sambal Pedagang Nasi Goreng Berjamur

Di kolom komentar, si pemilik akun menjelaskan bahwa ia dan teman-temannya tidak jadi makan nasi goreng di sana. "Ibunya juga marah dan bilang enggak usah dibayar, jadi kita langsung pulang," tulisnya.

Yang juga jadi sorotan dalam video, yakni diduga jamur di dalam tempat sambal itu justru diambil dan dicampurkan ke dalam sambal merah yang ditaruh di sana. "Dicongkel, nangis banget," komentar seorang warganet.

Selengkapnya...

Aktivis Iklim Greta Thunberg Jadi Nama Spesies Katak Baru

"Tim menemukan kodok di Cerro Chucantí, sebuah pulau yang dipenuhi hutan hujan tropis dataran rendah di Panama timur," tulis Rainforest Trust. "Mencapai habitatnya bisa dilakukan dengan menaiki kuda melalui jalan berlumpur, mendaki lereng curam, melewati dua helikopter yang jatuh beberapa dekade lalu, dan berkemah di atas ketinggian seribu meter.”

Penamaan kodok datang bersamaan dengan penerbitan artikel yang menggambarkan spesies baru di jurnal ilmiah ZooKeys. Berasal dari genus Pristimantis, salah satu jenis katak paling umum yang ditemukan di seluruh Amerika Tengah dan Selatan, para peneliti menjelaskan dalam artikel bahwa Greta Thunberg Rainfrog berbeda dari subspesies Pristimantis serupa lain.

Selengkapnya...

Apa yang Dimaksud Tahun Macan Air pada Imlek 2022?

Macan yang dianggap berani, kejam, kuat, dan menakutkan adalah simbol kekuatan dan keagungan dalam budaya Tiongkok. Pada zaman dahulu, orang biasanya membandingkan kaisar dengan macan.

Zodiak China berasal dari Dinasti Qin lebih dari dua ribu tahun lalu dan berakar pada sistem penyembahan hewan. Menurut legenda, Kaisar Giok menantang semua hewan di kerajaan untuk "Ras Hebat."

Selengkapnya...

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama