Sukses

Perjuangan Driver Gojek Bantu Ratusan Pasien Covid-19 Berbuah Manis

Perjuangan Jubeironi berbuah manis dengan meraih penghargaan berupa uang Rp25 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 bisa jadi menunjukkan sisi terbaik dari setiap orang. Salah satunya datang dari kisah Jubaeroni, driver Gojek yang berbasis di Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat angka kasus positif Covid-19 meningkat pada Juli--Agustus 2021, ia ikut meringankan beban para pasien. Pak Ubay, begitu ia biasa disapa, menjadi pahlawan bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat Covid-19.

Ia rela antre di tempat pengisian tabung oksigen saat kebutuhan oksigen mencapai puncaknya di kotanya. "Saya antre mengisikan dan mengantar tabung oksigen tidak memungut biaya," kata dia, Jumat, 4 November 2021.

Dengan kegigihannya, ia berhasil mengantarkan lebih dari 200 tabung oksigen kepada mereka yang membutuhkan. Peluhnya ternyata bukan hanya bermanfaat untuk orang lain, ia juga menjadi sosok inspiratif bagi masyarakat lainnya. 

Pak Ubay berhasil menjadi Mitra Juara Pilihan Gojekers dalam ajang MJG 2021. Kisah inspiratifnya ternyata menyentuh ratusan ribu orang lainnya. Gojek pun mengapresiasinya dengan uang Rp25 juta.

"Upaya para mitra yang menunjukkan ketangguhan mereka. Mereka telah menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu mendukung mitra di ekosistem agar bertahan dan pulih di masa pandemi sekaligus tetap berinovasi untuk membantu mitra dan konsumen dalam mempermudah hidup mereka," kata Kevin Aluwi, CEO Gojek.

MJG tahun ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan Gojek. Program ini merupakan penghargaan tahunan kepada para mitra Gojek inspiratif dengan tema Pejuang Pandemi.

Ajang tahun ini mengapresiasi mitra yang menunjukkan ketangguhan dalam bertahan, menginspirasi lingkungan sekitar mereka untuk bergotong royong meringankan masyarakat dari beban pandemi. Mereka terus menunjukkan optimisme, kerja keras, dan tekun. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Positif

Berkat dukungan mitra driver dan UMKM selama 11 tahun, Gojek mengaku bisa terus berdampak positif dalam memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat. Itu tercermin melalui kontribusi ekosistem Gojek terhadap pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional.

"Dalam dua tahun terakhir, kami menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra-mitra kami agar mitra driver bisa tetap memperoleh peluang pendapatan dan mitra UMKM tetap tumbuh usahanya. Semua ini merupakan bentuk dukungan berkelanjutan kami agar dapat Bangkit Bersama," imbuh Kevin.

Gojek memiliki berbagai inisiatif untuk membantu agar bisnis pelaku UMKM di ekosistem mereka tetap bertahan dan tumbuh. Salah satunya dengan memberikan subsidi promo yang dinilai menimbulkan efek bola salju bagi mitra usaha dan mitra driver agar terus mendapatkan pesanan

Gojek membekali mitra UMKM dengan membagikan paket protokol kesehatan supaya konsumen tetap merasa aman dan nyaman memesan GoFood. Para mitra UMKM antara lain memperoleh bantuan berupa aset digital dan perangkat fisik untuk menunjang protokol kesehatan seperti care kits, safety seal atau selotip pengaman, kartu suhu tubuh, cairan pembersih, dan lain-lain.

GoFood juga mendistribusikan tas pengantaran kepada para mitra driver untuk membantu menjaga higienitas makanan yang diantarkan. Selain itu, Gojek juga memfasilitasi akses vaksinasi Covid-19 untuk para mitra UMKM di berbagai daerah.

3 dari 4 halaman

Tiga Program Utama

Selama masa pandemi, Gojek memperkuat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dengan beragam materi edukasi baru. Dengan semua inisiatif ini, GoFood terus tumbuh menjadi layanan pesan antar makanan andalan masyarakat dengan 1 juta mitra UMKM di seluruh Indonesia.

Di lain pihak, Gojek mengemas bantuan kepada mitra driver dalam bentuk Program Kesejahteraan Mitra Driver yang terdiri dari tiga program utama. Pertama, bantuan kebutuhan pokok yang mencakup uang belanja sembako, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay, serta voucher makanan murah dan sehat untuk keluarga mitra driver.

Kedua, bantuan penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan yang terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, kegiatan operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksinasi. Selain itu, Gojek memberikan bantuan berupa fasilitasi vaksinasi bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota maupun kabupaten lewat penyelenggaraan pos pelayanan vaksinasi melalui kerja sama dengan pemerintah maupun pihak swasta terkait. Ketiga, bantuan pengganti pendapatan bagi mitra driver yang nonaktif sementara saat masa pemulihan dari Covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini