Sukses

Syarat-Syarat Pendakian Gunung Prau yang Dibuka Kembali Mulai 4 September 2021

Beberapa bulan ditutup, Gunung Prau kembali dibuka untuk pendakian dengan beberapa persyaratan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari Gunung Prau bagi para pendaki. Gunung yang berada di Jawa Tengah tersebut dibuka untuk pendakian mulai hari ini Sabtu, 4 September 2021.

"Mulai tgl 04 september Semua jalur pendakian Gunung prau resmi di buka Untuk umum," tulis akun @basecamp_prau_igirmranak, Kamis, 2 September 2021. "Ayuuk ga usah ragu lagi untuk melakukan pendakian ke gunung prau.. Gas gas gas.. 💪💪💪," imbuh akun tersebut.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI), ada beberapa persyaratan yang harus dilaksanakan oleh pendaki.

"1. Menunjukan surat vaksin. 2. Membawa surat sehat. 3. Membawa fotocopy identitas. 4. Menaati protokol kesehatan. 5. Menaati peraturan yang berlaku. 6. Kuota pendakian 25 persen," kata Harsono.

Unggahan tersebut mendapat banyak komentar dari warganet. Mereka menanyakan tentang surat vaksin dan surat sehat. "Sertifikat vaksin, surat sehat wajib bawa semua, min @basecamp_prau_igirmranak, atau bisa salah satu aja ?" tanya akun tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tutup Akibat Pandemi

Sejak pandemi Covid-19, pengelola Gunung Prau beberapa kali menutup aktivitas pendakian. Sebelum resmi pengumuman pembukaan kembali, pada 2 September 2021, Gunung Prau sempat dinyatakan akan buka kembali pada 27 Juli 2021.

Namun, karena masa PPKM diperpanjang, maka pendakian Gunung Prau dinyatakan diundur. "PEMBUKAAN SELURUH JALUR PENDAKIAN GUNUNG PRAU RESMI DI UNDUR SAMPAI BATAS WAKTU YANG BLM DI TENTUKAN YA GAESS...," tulis akun tersebut.

Sebelumnya, penutupan jalur pendakian juga sempat diumumkan lewat akun Instagram tersebut. "Dalam rangka PPKM Semua jalur gunung prau Ditutup mulai tgl 05-20 juli 2021," imbuh akun tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Seputa Gunung Prau

Gunung Prau memiliki tinggi 2.565 mdpl, terletak di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah. Tepatnya di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Puncak tertinggi dataran Dieng ini ternyata menyimpan sejuta keindahan yang sangat populer di kalangan pendaki. Gunung Prau ini bukan termasuk gunung berapi, sebab itu banyak pendaki yang berdatangan.

Untuk sampai ke puncak Prau membutuhkan waktu 2-3 jam sehingga cocok bagi pendaki pemula. Terdapat tiga jalur, yaitu jalur Kenjurun di Kendal, jalur Pranten di Batang, dan jalur Pathak Banteng di Wonosobo.

4 dari 4 halaman

Status Gunung Berapi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.