Sukses

Tak Disangka Ternyata Buah Nanas Punya Banyak Manfaat Bagi Pria Aktif

Manfaat nanas dengan berbagai kandungannya sangat berguna bagi kesehatan, termasuk para pria yang aktif bekerja maupun berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Kandungan gula yang cukup tinggi membuat sebagian orang menghindari konsumsi buah nanas. Belum lagi mitos-mitos yang melekat kuat pada buah nanas menjadikan orang untuk pikir-pikir kembali bila memakan buah nanas. Padahal manfaat nanas dengan berbagai kandungannya sangat berguna bagi kesehatan, termasuk para pria yang aktif bekerja maupun berolahraga.

Dikutip dari klikdokter, dalam setiap buah nanas, terkandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf. Terdapat pula vitamin B6 yang berkhasiat mengatasi anemia. Selain itu, nanas juga kaya akan vitamin C yang bisa memperkuat sistem imun, dan berfungsi sebagai antioksidan penghambat pertumbuhan sel kanker.

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan para pria aktif yang mengonsumsi buah nanas dalam porsi yang sesuai, baik dalam bentuk potongan maupun jus.

1. Baik bagi penggemar olahraga

Buah nanas memiliki kandungan glikogen,  merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh yang berfungsi sebagai cadangan energi. Saat berolahraga, tubuh akan menyedot banyak energi dan nanas bisa menggantikan glikogen yang hilang. Kandungan gula dalam nanas bisa membantu kamu kembali berenergi.

2. Kaya Vitamin C yang berguna bagi tubuh

Salah satu vitamin penting yang mendukung fungsi tubuh yaitu vitamin C, atau dikenal juga sebagai asam askorbat. Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Vitamin ini bermanfaat bagi jaringan kulit, peredaran darah hingga saraf otak.

Jika kamu mencari buah dengan kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, nanas adalah jawabannya. Di dalam 100 gram buah nanas, terdapat sekitar 48-50 miligram vitamin C. Karena itulah, manfaat nanas untuk pria sangat baik untuk mereka yang sibuk bekerja dan perlu menjaga kekebalan tubuh

3. Memperkuat tulang

Buah nanas mengandung mineral berupa fosfor, dan juga kalium. Keduanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan demikian, nanas madu dapat mencegah osteoporosis.

Nanas banyak dikonsumsi para atlet, pasalnya latihan fisik yang berat memerlukan tulang yang kuat. Dengan mengonsumsi nanas, tidak hanya tulang sehat, nutrisinya untuk bagian tubuh lain juga pasti berguna bagi para pria yang gemar berolahraga dan ingin menjadi atlet.

Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan tulang, bisa juga mengonsumsi vitamin kesehatan asal Australia yang mengandung kombinasi kalsium, magnesium dan Vitamin D3, dengan begitu kamu lebih menjaga kesehatan tulang untuk investasi tubuh di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Bantu sistem pencernaan

Pria aktif membutuhkan pencernaan yang baik sebagai sumber energi dan nutrisi untuk kegiatannya sehari-hari.  Buah nanas bermanfaat membantu sistem pencernaan untuk pria aktif. 

Di dalam buah nanas terdapat enzim yang dapat membantu memecah protein, sehingga mudah diserap. Kandungan enzim bromelain pada nanas juga membantu melindungi dari bakteri penyebab diare. Selain itu, kandungan seratnya membantu mencegah konstipasi atau sembelit. 

5. Bantu menurunkan berat badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan atau menjaganya tetap stabil, buah nanas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masuk ke dalam menu diet sehari-hari.

Buah yang rendah kalori ini kaya akan serat, sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, nanas bisa membantu meningkatkan proses metabolisme lemak, sehingga membuat berat badan lebih mudah terkontrol.

6. Kesuburan

Manfaat nanas untuk pria juga didapat dari kandungannya yang mendukung kesuburan. Zat nutrisi seperti vitamin C, beta-karoten, dan zink yang dapat ditemukan pada nanas sangat mendukung kualitas sperma yang baik. Mengonsumsi buah nanas juga bermanfaat untuk mencegah impotensi.

Demikian beberapa manfaat nanas bagi kesehatan. Walaupun bermanfaat, konsumsi nanas madu tetap harus dibatasi. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini