Sukses

Wanita Bermobil Bagi-Bagi Uang ke Pedagang Keliling yang Terdampak PPKM Darurat

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Darurat seperti sekarang ini, banyak orang kesulitan menjalankan usahanya. Para pedagang keliling misalnya, usaha mereka sepi karena hanya sedikit orang yang keluar rumah. Di tengah keterbatasan, masih ada inisiatif baik untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Salah satunya dilakukan oleh seorang wanita yang membagikan kegiatannya lewat media sosial. Dalam beberapa video yang diunggah di akun TikTok @elisprida, wanita itu terlihat membagi-bagikan uang kepada para pedagang di pinggir jalan. Tentu saja hal tersebut membuat para pedagang sangat senang.

Beberapa video unggahannya sempat viral dan banyak mendapat komentar positif dari warganet. Dalam videonya, ia menuliskan melakukan kebiasaan itu sejak masa PPKM dan terinspirasi dari video-video serupa di TikTok.

Dalam salah satu video yang diunggah pada 13 Juli 2021, wanita itu memperlihatkan momen saat dirinya bagi-bagi uang ke pedagang yang ditemuinya di jalan. Ada pedagang mainan, boneka dan bubur sumsum yang diberikan uang pecahan Rp75 ribu. Mereka tampak sangat senang mendapat bantuan uang dari wanita tersebut.

"Mau tos enggak sama saya?" ucapnya sebelum membagikan uang. Setelah melakukan tos, wanita itu kemudian memberikan uang yang sudah digenggam di telapak tangannya pada pedagang keliling. "Semoga bumi kita lekas membaik 🤲🙏🏼," tulisnya dalam keterangan unggahan.

Melihat unggahan tersebut, warganet banyak yang memberikan beragam komentar positif, bahkan ada yang mengaku sangat terharu sampai meneteskan air mata.

2 dari 5 halaman

Turun dari Mobil

"Semoga lebih banyak lg para putri yg punya hati mulia, semangat yah, semoga selalu diberi keberkahan," komentar seorang warganet.

"nyesek…netes air mata ini lihat momen ini…terimakasih telah memberi rejeki…semoga dilimpahkan rejeki oleh Allah SWT," komentar warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, video unggahan wanita dermawan tersebut sudah dilihat lebih dari 12,5 juta kali dan disukai lebih dari 9.800 kali. Meski begitu, tetap saja ada yang mengomentari negatif karena wanita itu memberikan sumbangan dari dalam mobil saja. Mereka berpendapat akan lebih baik bila perempuan itu turun dari mobil.

Wanita itu kemudian menjawabnya dengan membagikan video pada 16 Juli 2021. Ia memperlihatkan terkadang juga turun dari mobil, terutama saat membagikan uang pada mereka yang kesulitan berjalan.

3 dari 5 halaman

Mendatangi Rumah Pedagang Balon

Tak hanya memberi uang dari mobilnya, wanita ini juga pernah mendatangi rumah seorang pedagang balon keliling. Dalam unggahan pada 14 Juli 2021, ia terlihat memberikan uang pada seorang kakek penjual balon keliling.

Dalam video itu diketahui kalau wanita tersebut berada di Bandar Lampung. Ia meminta pada para warganet di Bandar Lampung untuk memberi informasi tempat tinggal kakek tersebut karena sepertinya ingin memberi bantuan lebih.

Berkat informasi dari warganet lainnya, ia akhirnya bertemu dengan kakek yang bernana Tulus tersebut saat sedang berjualan. Ia bahkan mengantarkannya pulang ke rumahnya dengan mobilnya. Kali ini, wanita itu memberi bantuan uang yang lebih banyak. Ia merasa terharu dengan perjuangan kakek tersebut, yang terkadang kesulitan pulang malam karena penglihatannya sudah agak berkurang di saat gelap.

Kakek itu juga mengaku sudah beberapa kali tertipu dan dicekik orang saat berjualan. Kini, ia lebih memilih pulang lebih cepat sebelum pukul 6 sore. "Sehat terus kek, Insya Allah kita sering ketemu lagi ya kek," tulis wanita itu di akhir videonya.

4 dari 5 halaman

Ragam Tanggapan Sepekan PPKM Darurat

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: