Sukses

Kolaborasi Promosi Wisata Tengah Tahun, Upaya Bangkitkan Perjalanan Domestik di Tengah Tingginya Kasus Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia, seperti negara-negara lainnya, ingin membangkitkan dan memulihkan kembali wisata mereka di tengah pandemi Covid-19. Untuk mendukung penuh agenda pemerintah dalam pemulihan pariwisata sebagai salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi, Traveloka berkolaborasi dengan Citilink.

Mereka memperkenalkan program #PromoTengahTahun. Selain memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan berwisatanya sehingga dapat berkontribusi untuk membantu pelaku pariwisata daerah menggerakkan roda bisnisnya di tengah pandemi, program ini juga mengedepankan pentingnya penerapan protokol CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) yang ketat selama melakukan perjalanan.

"Kerjasama ini sejalan dengan komitmen Traveloka dalam mendukung gerakan #DiIndonesiaAja yang diusung pemerintah dalam upaya mengembalikan geliat pariwisata domestik," terang Iko Putera, Director of Transport, Traveloka, dlalam peluncuran virtual Program #PromoTengahTahun, Rabu, 16 Juni 2021.

Program ini menawarkan diskon tiket pesawat Citilink sampai 20 persen khusus untuk rute-rute tertentu atau regular zone selection. Promo tiket pesawat ini berlaku pada 16-27 Juni 2021.

Rute tersebut adalah rute keberangkatan dari Jakarta (CGK), Medan (KNO), Yogyakarta (YIA), Surabaya (SUB), dan Makassar (UPG) ke seluruh destinasi domestik. Selain itu, Anda juga bisa memilih periode terbang dengan berbagai kupon dan penawaran menarik hingga Juni 2021.

Ada pula program tambahan, salah satunya voucher Traveloka Eats dan diskon 20 persen untuk keanggotaan CitiSport dengan pembelian melalui Traveloka Xperience.

2 dari 5 halaman

Sport Tourism

"Kita melihat ada kota-kota apa saja yang kita dukung untuk membership Citisport ini. Di CitiSport cukup daftar sekali untuk setahun bisa dipakai sepanjang tahun unlimited. CitiSport ini bisa untuk golf, menyelam atau citidiving, citisurfing, dan lainnya," jelas Amelia Yaksa, VP Marketing & Distribution Channel Citilink Indonesia.

CitiSport juga mengakomodir tingginya minat dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini juga terlihat dalam pergeseran tren pariwisata di masa pandemi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyebutkan bahwa pariwisata luar ruang yang diisi dengan kegiatan berolahraga (sport tourism) semakin populer di tengah masyarakat, terlebih setelah adanya pandemi.

Selain inisiatif yang dilakukan oleh Citilink, Traveloka juga menghadirkan rasa aman dan nyaman selama pandemi melalui portofolio produk Traveloka Clean Partners yang end-to-end, mulai dari layanan Antar Jemput Bandara, pemesanan Tes COVID-19, ragam pilihan akomodasi, penyewaan Rental Mobil, menjelajahi kota melalui produk local services Traveloka Xperience, hingga pembelian produk asuransi.

3 dari 5 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan kali pertama Citilink dan Traveloka berkolaborasi. Mereka sudah beberapa kali melakukannya, salah satunya pada Maret 2021. Saat itu, sederet maskapai penerbangan Tanah Air membebaskan biaya Rapid Test Antigen yang jadi salah satu syarat bepergian dalam negeri.

Namun untuk menikmati layanan gratis ini, ada syarat yang perlu dipatuhi. Citilink termasuk maskapai penerbangan yang menyediakan layanan gratis Rapid Test Antigen dan mereka berkolaborasi dengan Traveloka. Rapid Test Antigen gratis saat itu bisa didapatkan dengan memesan tiket penerbangan Citilink berlabel khusus "Gratis Antigen" di Traveloka.

Untuk menukarkan Rapid Tes/Rapid Tes Antigen COVID-19 Gratis, bisa langsung datang ke salah satu lokasi Klinik Pintar yang tertera dan tunjukan tiket pesawat Anda bertuliskan Free Rapid Antigen Test sebagai bukti pembelian. Periode promo tersebut berlaku hingga 31 Maret 2021 dengan berbagai syarat dan ketentuan.

4 dari 5 halaman

Setahun Pandemi Covid-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: