Sukses

Apakah Penuaan Dini Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Penuaan dini telah lama menjadi hal yang dihindari. Banyak merek berlomba-lomba menawarkan produk kecantikan dengan klaim anti penuaan dini atau anti-aging. Namun, apa sebenarnya penuaan dini itu?

Dilansir dari Health Guide, Sabtu, 12 Juni 2021, penuaan dini adalah ketika tanda-tanda penuaan terjadi lebih awal dari biasanya. Secara ilmiah, penuaan dini terjadi ketika usia biologis seseorang lebih tua dari usia kronologisnya.

Sementara, Healthline menulis, seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh anda mulai dari pergantian sel kulit sampai pemulihan setelah olahraga jadi melambat, membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi ulang. Hal itulah yang menyisakan ruang untuk tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kelelahan terjadi.

Perubahan-perubahan ini mungkin mengejutkan jika terjadi lebih awal dari yang diperkirakan sehingga disebut penuaan dini. Satu-satunya perbedaan antara penuaan standar dan penuaan dini terletak pada waktunya.

Bagi kebanyakan orang, garis-garis halus dan kerutan mulai muncul di usia akhir 20-an hingga awal 30-an. Namun bagi orang yang mengalami penuaan dini, bisa terjadi lebih awal. Tidak mungkin untuk menghindari perubahan ini sepenuhnya, tetapi ada cara untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di tubuh anda.

Setiap orang memiliki proses penuaan berbeda. Namun, ada tanda-tanda penuaan tertentu yang dianggap penuaan dini jika anda menyadarinya sebelum berusia 35 tahun:

1. Sunspot

Sunspot atau sering disebut bintik hiperpigmentasi adalah bintik-bintik datar pada kulit anda yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Bintik-bintik hiperpigmentasi ini dapat berkembang tidak hanya di wajah saja, melainkan juga punggung tangan, dan lengan bawah anda.

Kondisi ini cenderung muncul pada atau setelah usia 40 tahun. Orang dengan kulit yang lebih terang akan melihat perkembangan bintik matahari ini lebih awal.

2. Tangan berkerut

Seiring berjalannya waktu, lapisan atas kulit anda menjadi lebih tipis dan mengandung lebih sedikit protein pembentuk, seperti kolagen, yang berfungsi memberi bentuk pada kulit anda. Tangan anda mungkin mulai tampak lebih berurat, kulitnya tipis, dan hasilnya rentan terhadap kerutan. Tidak ada metrik objektif kapan tangan akan mulai terlihat lebih tua, tetapi kebanyakan orang cenderung menyadarinya selama akhir 30-an dan awal 40-an.

2 dari 5 halaman

3. Peradangan atau hiperpigmentasi di sepanjang dada

Banyak orang mengalami perubahan warna yang tidak merata di sepanjang area dada mereka seiring dengan bertambahnya umur. Mirip dengan bintik matahari, area pigmen yang berbeda ini dapat disebabkan oleh kerusakan sel-sel akibat paparan sinar matahari.

Jenis hiperpigmentasi ini tidak selalu berhubungan dengan penuaan. Ini dapat pula terjadi akibat eksim atau kondisi kulit lainnya yang merusak sel-sel melanin di kulit anda. Tidak ada usia rata-rata kapan kondisi kulit ini biasanya muncul.

4. Kulit kering atau gatal

Kulit kering atau gatal (xerosis cutis) dapat terjadi lebih sering dari waktu ke waktu. Itu karena kulit yang menipis lebih rentan terhadap dehidrasi. Anda mungkin melihat kulit menjadi lebih kering dan lebih rentan mengelupas saat anda mendekati usia 40-an.

5. Kerutan atau kendur

Pada saat anda memasuki usia 30-an, kulit anda memperlambat produksi kolagen, protein yang berguna untuk memberi bentuk pada kulit. Kolagen inilah yang membantu kulit tetap kencang.

Lebih sedikit kolagen di kulit, maka kerutan dan kendur lebih mudah terjadi. Anda mungkin melihat ini terjadi lebih banyak di area sekitar otot yang sering digunakan, seperti dahi, atau di bagian yang lebih sering terkena sinar matahari.

6. Rambut rontok

Rambut rontok terjadi karena sel induk yang memicu pertumbuhan rambut baru di folikel rambut anda mati. Perubahan hormon, faktor lingkungan, genetika, dan diet berperan dalam seberapa cepat ini terjadi.

Hingga 40 persen perempuan di atas usia 70 tahun mengalami kerontokan rambut. Pria mengalaminya lebih awal, dengan 50 persen mengalami kerontokan rambut setelah usia 50 tahun.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasinya

1. Gunakan tabir surya

Mengenakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 setiap hari adalah hal terbesar yang dapat anda lakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Perhatikan bagian tubuh lainnya, jangan batasi pemakaian pelembap dan tabir surya hanya pada wajah saja. Pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan setidaknya 30 SPF dan lotion di seluruh tubuh anda juga.

2. Satu produk baru pada satu waktu

Beberapa produk membuat klaim besar dan kuat untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dengan segera. Yang benar adalah bahwa setiap produk perawatan kulit membutuhkan waktu untuk bekerja sehingga anda dapat melihat hasilnya.

3. Hapus riasan sebelum tidur

Kebiasaan mencuci wajah dapat memengaruhi penampilan kulit anda. Cuci muka dua kali sehari menggunakan air hangat dan pembersih ringan. Pastikan wajah anda bebas dari alas bedak dan residu lainnya sebelum tidur.

4. Jadwal tidur yang tetap

Tidur sangat penting untuk semua organ tubuh anda, termasuk kulit. Mengikuti jadwal tidur akan memberi kulit anda waktu untuk menyegarkan dan memperbarui dirinya sendiri setiap hari.

5. Konsumsi makanan yang seimbang

Pastikan bahwa anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel kulit yang sehat.

6. Tetap terhidrasi

Dehidrasi bisa membuat kerutan muncul lebih cepat. Minumlah delapan gelas air per hari untuk menghidrasi tubuh anda.

7. Olahraga

Olahraga setiap hari meningkatkan sirkulasi anda, yang membuat kulit lebih sehat. Ini memungkinkan membantu kulit terlihat lebih muda.

8. Berhenti merokok

Jika berhenti mengekspos kulit terhadap racun dalam asap rokok, Anda akan memberikan waktu bagi kulit anda untuk memperbaiki dirinya sendiri. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berhenti merokok memperhatikan bahwa kulit mereka terlihat lebih muda.

9. Hilangkan stres

Temukan teknik menghilangkan stres yang cocok untuk anda dan biasakanlah. Anda bisa yoga atau jalan-jalan di alam, itu terbukti merupakan cara yang sehat. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 5 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: