Sukses

Korea Selatan Siapkan Travel Bubble dengan Negara Asia Tenggara, Ada Indonesia?

Di Asia Tenggara, Korea Selatan hanya berencana membuat travel bubble dengan dua negara saja.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Korea Selatan akan mengizinkan perjalanan antar-kota atau negara tanpa kewajiban karantina mulai Juli 2021. Akses ini berlaku di tempat tujuan perjalanan yang dianggap telah berhasil menangani pandemi Covid-19 dengan baik dan dibuka bagi warga yang sudah mendapatkan dosis lengkap vaksin COVID-19.

Dilansir dari KBS World, 9 Juni 2021, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi, serta Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan menyatakan bahwa negara tersebut berupaya untuk mengadopsi travel bubble atau gelembung perjalanan, sebuah kesepakatan yang memungkinkan perjalanan tanpa kewajiban karantina ketika tiba di tempat tujuan perjalanan.

Menurut Korea Herald, Rabu, 9 Juni 2021, hanya akan ada satu atau dua penerbangan dalam seminggu dan hanya boleh membawa sekitar 200 penumpang. Kebijakan tersebut diambil setelah pemerintah Korea Selatan mengumumkan aturan jarak sosial terbaru terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 di negaranya yang berlaku pada Juni 2021.

Korea Selatan berusaha untuk membuka gelembung perjalanan ini dengan beberapa negara di Asia Tenggara, Taiwan dan Guam. Dari Asia Tenggara, tak ada nama Indonesia karena mereka hanya menggandeng Singapura dan Thailand.

Untuk melakukan perjalanan, calon penumpang wajib menunjukkan sertifikat atau surat keterangan yang membuktikan mereka telah divaksinasi penuh dan hasil tes Covid-19 negatif yang dikeluarkan tiga hari sebelum keberangkatan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinyal Pemulihan Kehidupan

Saat ini, populasi warga Korsel yang sudah mendapatkan dosis vaksin pertama telah mencapai 16,5 persen. Korsel menggunakan vaksin Pfizer dan AstraZeneca.

Kendati demikian, karena kenaikan kasus Covid-19 di Taiwan, salah seorang pejabat di Korea Selatan mengungkapkan bahwa kemungkinan rencana travel bubble akan lebih mungkin dilaksanakan dengan Singapura, Guam, dan Saipan (sebuah kepulauan di Pasifik Barat yang masuk wilayah persemakmuran Amerika Serikat).

Pada tahap awal, wisatawan asing yang mengunjungi Korea Selatan hanya dapat melakukan perjalanan wisata berkelompok. Setibanya di Korea Selatan, mereka juga wajib mengikuti rangkaian tes Covid-19 lainnya. Mereka akan bepergian dengan agen perjalanan yang telah ditentukan. 

Perdana Menteri Korea Selatan Kim Boo-kyum mengatakan bahwa perjalanan ke luar negeri akan menjadi sinyal pemulihan kehidupan sehari-hari yang diharapkan banyak orang. Pemerintah Korea Selatan akan terus mempelajari situasi yang ada untuk meningkatkan pembukaan gelembung perjalanan secara bertahap dengan mempertimbangkan kondisi pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

3 dari 4 halaman

TCA Indonesia

Indonesia juga berencana membuat travel bubble atau memakai istilah travel corridor arrangement (TCA). Indonesia sudah membuat rencana pemberlakuan TCA dengan beberapa negara, terutama Singapura, pada Juli 2021. 

Namun rencana itu terancam mundur lagi, karena Singapura menghadapi peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan dan memaksa otoritas memberlakukan kembali lockdown. Hal yang sama juga terjadi di Malaysia.

Meski begitu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pihaknya terus mendorong pembahasan terkait TCA. Tetapi, keputusan pembukaan TCA tetap mengacu pada situasi terkini agar tidak memicu penambahan kasus baru.

"Singapura dan Malaysia lockdown. India juga mengalami peningkatan kasus luar biasa. Kita harus pastikan dan pertimbangkan matang-matang pembukaan TCA agar tidak akan memicu kasus baru. Apalagi, Pak Menkes Budi Gunawan sudah menyampaikan ada varian-varian baru," kata dia dalam Press Weekly Briefing di Jakarta, Selasa, 18 Mei 2021.

Selain itu, Bali juga direncanakan akan menggelar uji coba pembukaan TCA pada Juli 2021 dengan beberapa negara, seperti Timur Tengah, Tiongkok, Rusia, dan Ukraina.

4 dari 4 halaman

Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.