Sukses

6 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Dibuka Saat Lebaran, Cek yang Tersertifkasi CHSE

Liputan6.com, Jakarta - Mengisi libur lebaran di masa pandemi Covid-19 harus mengedepankan kehati-hatian. Bila tak waspada, bukannya kesenangan yang didapat, tetapi malah ancaman penyakit yang menyerang. Maka, aturan dilarang mudik dikeluarkan demi menekan penyebaran Covid-19 seperti 2020.

Meski begitu, sejumlah tempat wisata di Yogyakarta tetap buka untuk umum pada libur lebaran. Sebagian sudah tersertifikasi CHSE yang menjadi jaminan bahwa tempat itu menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. 

Lantas, tempat wisata mana saja yang dibuka? Liputan6.com merangkum enam di antaranya.

1. Goa Pindul

Tempat wisata ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Yogyakarta. Atraksi utamanya adalah menelusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai, dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir. Tempat wisata ini buka pada saat lebaran dengan jam operasional mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Sementara, hari berikutnya Goa Pindul akan dibuka mulai pukul 07.00-16.00 WIB setiap harinya. Biaya masuk tempat wisata ini mulai dari Rp30 ribu-Rp150 ribu per orang, tergantung fasilitas yang diperoleh. "Harga tiket wisata kami berbeda-beda, namun seperti libur lebaran tiba, ada promo khusus sampai 30 persen bagi pengunjung yang reservasi di kantor kami," kata Santo, staf marketing kepada Liputan6.com, Senin, 3 Mei 2021.

Wisatawan disarankan untuk reservasi kedatangan terlebih dahulu ke website resmi. "Hal ini untuk meminimalisir jumlah pengunjung biar tidak menumpuk, dan lebih gampang untuk mengatur jadwal," jelas Santo seraya menyebut Goa Pindul sudah tersetifikasi CHSE.

2. Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata ini merupakan salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Maguwoharjo, Sleman. Atraksi utamanya adalah wahana air dan karakter bajak laut.

Tempat wisata ini buka pada hari lebaran, tepatnya pada 14 Mei 2021-1 Juni 2021 dengan jam operasional mulai pukul 09.00--17.00 WIB. "Kecuali tanggal 28 Mei kami tutup sementara,” kata Linda, Admin Jogja Bay kepada Liputan6.com Selasa, (03/05/2021)

Biaya masuk ke tempat wisata ini Rp90 ribu di hari biasa dan Rp100 ribu di hari libur dengan pengunjung wajib reservasi secara online. terlebih dahulu via online. Jogja Bay Waterpark mengaku telah tersertifikasi CHSE dengan score 100 persen dari Kemenparekraf RI dan Sucofindo. Kapasitas pengunjung juga dibatasi hanya 50 persen.

 

 

2 dari 5 halaman

3. Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru merupakan tempat wisata yang terletak di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo. Atraksi utama di sini adalah alam yang masih asri dan segar dan dilengkapi fasilitas, seperti camping ground, arena outbond, dan tempat makan. Tempat wisata tetap buka di hari lebaran mulai pukul 10.00-16.00 WIB. 

"Tempat wisata Kalibiru tak pernah tutup, tetap buka atau menyesuaikan bila masih ada tamu yang datang, untuk hari lebaran harga tiket tetap sama Rp10.000," kata Sumarjono, Ketua Desa Wisata Kalibiru kepada Liputan6.com, Selasa, 4 Mei 2021.

Tempat wisata ini belum tersertifikasi CHSE. Tapi, Sumarjono mengklaim pihaknya membatasi kapasitas hingga 500 pengunjung dalam satu waktu untuk menjaga jarak aman dan menerapkan protokol kesehatan lainnya.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Berlokasi di pusat kota, Taman Pintar menawarkan wahana rekreasi dan edukasi keluarga. Lokasinya tepat di Jalan Penambahan Senopati. Tempat ini buka saat lebaran mulai jam 08.30-15.30 WIB. Pembelian tiket bisa langsung di tempat dengan harga berkisar Rp3.000--Rp45.000.

"Untuk catatan saja, hari pertama lebaran kami bukanya agak siangan, sekitar jam 13.00," kata Nirwan, staf informasi.

Taman Pintar mengaku sudah tersertifikasi CHSE sejak 2020. Protokol kesehatan diterapkan mulai dari kewajiban memakai masker, pengukuran suhu, dan mencatat identitas setiap pengunjung. Tak lupa, pengujung wajib mencuci tangan dan menjaga jarak.

 

 

 

3 dari 5 halaman

5. Candi Prambanan

Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Sleman, tepatnya Bokoharjo. Objek wisata satu ini sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Ketika berkunjung wisata ini, Anda bisa mengenal seni sastra dan berburu foto keren.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini di hari libur Lebaran, yang dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiketnya Rp25.000 untuk anak-anak dan Rp50.000 untuk dewasa. Tiket tersebut bisa dipesan melalui laman resmi borobudurpark.com.

Candi Prambanan sudah mendapatkan sertifikasi CHSE mulai sejak 26 November 2020. Wisata ini juga tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai ajuran pemerintah seperti wajib mengenakan masker, selalu cuci tangan dan berjaga jarak.

6. Romantic Garden 

Tempat wisata berlokasi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pemandangan berbagai jenis bunga yang bermekaran dan 11 spot foto Instagramable. Tempat wisata tetap buka di hari pertama lebaran dengan jam operasional mulai pukul 12.30-18.00 WIB. Harga tiketnya Rp8.000 ribu per orang dan tidak perlu reservasi.

"Di hari libur lebaran tiba kami buka mulai setelah sholat zuhur hingga magrib," kata Ika Nartinaningrum, admin Romantic Garden.

Namun, tempat ini belum tersetifikasi CHSE., meski mengklaim menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan sabun dan tempat cuci tangan, mewajibkan pemakaian masker, dan menyekat tempat tiket. "Pengunjung tidak dibatasi karena objek wisata kami berada di luar ruangan dan memiliki luas kurang lebih satu hektare," kata Ika. (Muhammad Thoifur)

4 dari 5 halaman

Akal-akalan Warga Sikapi Dilarang Mudik

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: