Sukses

6 Cara Mudah Mengecat Dinding Rumah bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta - Ingin tampil beda saat lebaran di rumah nanti? Salah satu cara memperbarui suasana adalah dengan mengganti cat dinding dengan warna baru. Perubahan itu akan mengubah wajah rumah seketika.

Tapi, mengecat dinding tak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara yang harus diikuti agar tak terbuang percuma, apalagi bila Anda masih pemula.

Sebelum mengecat dinding, siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan, seperti cat tembok, roller, wadah cat, amplas, dan kape. Selanjutnya, simak enam langkah mengecat tembok rumah berikut seperti dirangkum dari laman Realsimple, Kamis, 29 April 2021.

1. Bersihkan Dinding

Jika tembok rumah Anda berdebu dan kotor, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicat. Dinding yang kotor akan membuat hasil pengecatan tak maksimal. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan spon dan sabun khusus untuk menghilangkan debu, kotoran dan minyak yang menempel di tembok.

2. Tutup Bagian yang Tak Akan Dicat

Berikutnya, Anda perlu menutupi beberapa bagian yang tidak inginkan seperti bingkai jendela, gagang pintu, dan tepi platfon. Anda bisa menutupnya dengan menggunakan selotip kertas agar lebih mudah mengelupaskannya setelah selesai dicat. Bagi Anda memiliki barang yang terletak di sekitar tembok, sebaiknya diturunkan terlebih dahulu, agar tidak terkena ceceran cat.

3. Tuangkan Cat Secukupnya

Setelah persiapan awal selesai, langkah berikutnya adalah proses mengecat. Tuangkan dulu cat tembok yang sudah dipilih secukupnya ke wadah khusus. Jangan lupa untuk diaduk agar warna merata. Gulung bolak-balik roller cat ke dalam wadah, pastikan terlapisi secara merata.

Setelah itu, jalankan roller ke atas dan ke bawah pada bagian tembok. Usahakan dinding Anda tertutup sepenuhnya dengan cat. Jangan lupa diulang kembali sampai Anda selesai mengecat.

 

 

2 dari 4 halaman

4. Gunakan Kuas untuk Bagian Sulit

Roller hanya bisa menjangkau bagian yang lapang. Untuk di area sudut atau area sulit lainnya, gunakan kuas. Lapisi bulu-bulu bagian bawah kuas dengan cat sebelum dioleskan ke dinding. Lanjutkan proses itu sampai Anda selesai mengecat bagian sulit di semua area tembok.

5. Cat kembali dengan teknik W

Langkah selanjutnya, cat kembali dengan teknik W. Caranya, celupkan roller Anda ke dalam wadah cat. Lalu, gulingkan cat ke tembok dalam bentuk W berukuran 3 kaki. Lakukan cara ini sampai bagian dinding tertutup sepenuhnya. Tambahkan lebih banyak cat ke roller sesuai kebutuhan, sampai seluruh dinding tertutup dengan warna yang baru.

6. Lepaskan lakban

Langkah terakhir, lepaskan lakban saat cat masih basah. Hal ini untuk menghindari cat kering yang tidak sengaja menempel di bagian yang tidak diinginkan. Saat akan mengembalikan barang-barang yang sebelumnya dipajang di tembok, tunggu sampai cat benar-benar kering. Selamat mencoba! (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

3 Ketentuan Mudik Lebaran

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: