Sukses

Kiat Pakai Sunscreen yang Benar, Penting untuk Aplikasi Ulang

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan sunscreen wajib masuk dalam rangkaian perawatan kulit. Bukan tanpa alasan, sunscreen dapat melindungi kulit dari beragam permasalahan, sebut saja mencegah penuaan dini hingga kanker kulit.

Di sisi lain, penting untuk mengetahui pemakaian sunscreen yang benar. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, menyampaikan, menggunakan sunscreen diusahakan 15--30 menit sebelum terpapar matahari atau sebelum ke luar rumah karena membutuhkan minimal 15 menit untuk dapat bekerja.

"Untuk sunscreen yang dioleskan di kulit itu sebenarnya takarannya 2 miligram per sentimeter persegi, rata rata untuk wajah itu butuh setengah gram itu sama dengan satu fingertip unit," kata dr. Litya dalam peluncuran virtual L'Oreal Paris UV Defender, Kamis, 15 April 2021.

Takaran itu, dikatakan dr. Litya, jika mengeluarkan produk dari botol yang lubang tutupnya 0,5 sentimeter. Standarnya, mengeluarkan produk sunscreen sepanjang ruas jari telunjuk cukup untuk satu wajah pengguna sunscreen tersebut.

"Setelah dipakai bertahannya rata-rata untuk patokan ditetapkan apply ulang tiga jam setelah aplikasi pertama," lanjutnya.

Namun dr. Litya mengingatkan, sebelum mengaplikasikan ulang sunscreen, sebaiknya membersihkan dan mencuci wajah terlebih dahulu. Setelah itu baru mengaplikasikan kembali sunscreen yang baru.

"Waktu tiga jam ini bisa berubah tergantung banyak hal, misalnya intensitas matahari. Tentunya kalau kita pakai di pagi dan siang, lebih bertahan lama di pagi hari karena intensitas matahari yang kuat itu akan memengaruhi juga perlindungan dari sunscreen," ungkapnya.

Selain itu, ada pula kondisi tertentu yang membuat sunscreen harus lebih cepat diaplikasikan. "Kalau berkeringat atau berenang itu harus lebih cepat diaplikasikan ulang," tutur dr. Litya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sunscreen sekaligus Skincare

Bicara soal proteksi kulit, L'Oreal baru saja meluncurkan sunscreen teranyar. Brand kecantikan asal Prancis tersebut memperkenalkan produk yang mengusung nama L'Oreal Paris UV Defender.

"Yang dibutuhkan proteksi maksimal dari UVA UVB, UV Defender, sunscreen kita yang terbaru memiliki SPF 50 PA++++," kata Maria Adina, Brand General Manage L'Oreal Paris Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Maria menyebut, pihaknya melihat saat ini konsumen menginginkan sesuatu yang lebih, tak sekadar sunscreen. Maka dari itu, L'Oreal Paris menyuguhkan sunscreen yang juga skincare actives.

"Satu varian unggulan Bright and Clear itu mengandung niacinamide yang bisa mencerahkan kulit," lanjutnya.

Sunscreen ini hadir dengan empat varian yang menyesuaikan dengan ragam jenis kulit. Ada Bright and Clear untuk kulit yang dianggap kusam atau ingin lebih bercahaya.

"Ada Matte and Fresh itu untuk kulit yang berminyak sehingga lebih cepat penyerapannya dan ini bisa matte all day," tambahnya.

Varian ketiga adalah Correct and Protect untuk kulit yang tidak merata, di mana sunscreen ini disebut dapat membuat kulit lebih merata dan bercahaya. Varian keempat, Moist and Fresh yang mengandung hyaluronic acid, terutama untuk kulit kering sehingga kulit dapat tetap lembap.

3 dari 3 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.