Sukses

Maisie Williams Berkolaborasi dengan H&M untuk Daur Ulang Pakaian secara Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan Maisie Williams kian bertambah. Aktor dan pembuat film, yang menjadi tersohor lewat Game of Thrones, muncul sebagai salah satu talenta Hollywood yang paling serba bisa.

Kini, Williams berkolaborasi dengan partnernya Reuben Selby pada debut koleksi ready-to-wear miliknya (In) visible Barriers. Ia juga berperan sebagai legenda punk Pamela "Jordan" Rooke dalam seri Sex Pistols yang akan datang bersama Danny Boyle, seperti dilansir dari laman Vogue, Selasa, 13 April 2021.

Luasnya cakupan kreatifnya membuat proyek terbarunya semakin menyenangkan. Sebagai Duta Keberlanjutan Global H&M yang baru, Williams bersatu dengan mega brand dalam serangkaian inisiatif yang didedikasikan untuk menciptakan masa depan mode  berkelanjutan.

Kemitraan yang akan berlanjut sepanjang 2021 ini terjadi, baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya, untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dan mendorong mereka untuk mendaur ulang dan menggunakan kembali pakaian mereka ketimbang membuangnya ke bak sampah.

Kemitraan selebritas dengan merek fesyen merupakan hal biasa, tetapi Williams hanya tertarik untuk meminjamkan namanya untuk sesuatu yang dapat memulai perubahan. Dia tertarik dengan janji H&M untuk memastikan bahwa semua kain yang mereka gunakan bersumber secara berkelanjutan atau tekstil daur ulang pada 2030.

“H&M mengulurkan tangan dan menyatakan bahwa mereka ingin membuat perubahan serius dalam perusahaan mereka dan bekerja menuju penggunaan fesyen kembali,” kata Williams. “Penting bagi perusahaan untuk mengambil lompatan itu. Jadi, saya sangat penasaran. Setelah saya bisa duduk dengan beberapa tim di H&M dan mendengar lebih banyak tentang tujuan konkret mereka dan apa yang mereka rencanakan, saya menyadari itu bukanlah mimpi. Sesuatu yang nyata yang mereka dedikasikan untuk diterapkan."

Untuk inisiatif pertamanya, Williams bekerja untuk membuat avatar digital yang akan memulai debutnya dalam video peluncuran kemitraan dan muncul di berbagai acara realitas virtual (VR) sepanjang tahun ini. Kembaran digital aktor berambut platinum ini diciptakan oleh animator di Goodby Kansas Studio.

Bagi Williams, proses menciptakan representasi digital yang akurat merupakan pengalaman tersendiri. “Kami melakukan pemindaian seluruh tubuh untuk melihat semua otot berbeda bergerak di wajah saya dan setiap helai rambut,” jelasnya.

"Lalu aku harus memperbaiki citranya, memilih warna rambutnya - kami membuatnya pirang - naik turun pada riasan dan bolak-balik pada warnanya." Bahkan mode menerima perubahan virtual. “Itu adalah pakaian yang saya kenakan di kehidupan nyata, tetapi mereka mengambilnya dan membuatnya dibikin dengan komputer, melampau versi sebenarnya,” kata Williams

Perhentian pertama untuk avatar William? H&M yang baru diluncurkan Looop Island di Animal Crossing, game simulasi raksasa Nintendo. Platform ini telah menjadi perlengkapan dalam mode, dengan label mewah seperti Valentino, Marc Jacobs dan meluncurkan pop-up dan kreasi ulang penampilan mereka di game Nintendo Switch.

2 dari 4 halaman

Bahan Daur Ulang

Versi H&M menawarkan sesuatu yang berbeda. Pengguna dapat mendaur ulang pakaian game mereka menjadi pakaian baru menggunakan versi online Looop, sistem daur ulang pakaian-ke-pakaian di toko H&M. Saat ini tersedia di lokasi tertentu, versi virtual memberikan kesempatan kepada semua orang untuk merasakan teknologi tersebut.

Bagi Williams, seorang gamer yang rajin, komponen Animal Crossing adalah bonus. Ia terobsesi dengan permainan itu dan menemukannya tahun lalu bahwa permainan itu adalah tempat yang bagus untuk membeli pakaian virtual dan berdandan secara berkelanjutan.

"Saya pikir kita semua telah menggunakan game dan internet untuk melarikan diri tahun ini, dan itu benar-benar memengaruhi kehidupan kita. Mode virtual adalah konsep baru yang menarik, jadi ini adalah situasi yang saling menguntungkan.” Sama-sama menguntungkan, pertemuan virtual dan sapaan yang akan dilakukan Williams bersama Manajer Keberlanjutan Global H&M, Pascal Brun. 

Williams juga mengalami kesenangan Looop dalam kehidupan nyata, menciptakan syal ungu dari bahan daur ulang dan memakainya selama penampilan promosinya untuk H&M. Aksesori, yang akan tersedia secara virtual, menggarisbawahi betapa personal proyek H&M bagi sang aktor. Dia saat ini sedang dalam proses merombak rumah pertamanya dengan menggunakan bahan daur ulang.

Ketika dia berbelanja, dia mencoba untuk membeli barang bekas, dan memberikan atau menyumbangkan apa yang tidak lagi dia butuhkan. “Sebagian besar dari apa yang telah saya lakukan selama lockdown hanyalah mencoba meminimalkan hal-hal yang saya miliki dalam hidup saya,” katanya. “Ini mengenai kesadaran tentang bagaimana Anda mengonsumsi dan kapan.”

Meskipun sebagian besar dari inisiatif H&M pertamanya ada secara online, Williams bersemangat agar orang-orang mengambil pelajaran yang mereka pelajari dari bermain secara virtual dan membawanya ke dunia nyata. “Yang luar biasa adalah ini adalah sesuatu yang nyata,” katanya. "Saya berharap saat orang-orang memainkan permainan ini dan mendaur ulang pakaian mereka secara online, mereka dapat menghubungkan antara apa yang terjadi [secara virtual] dan apa yang dapat mereka ambil dari rak di toko."

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: