Sukses

6 Rekomendasi Wisata Sawah untuk Sejenak Menyegarkan Pikiran

Selain disediakan sederet spot foto, wisata sawah juga sarat akan nuansa santai berlatar pemandangan alam memukau.

Liputan6.com, Jakarta - Entah landai atau berundak, ada sensasi menenangkan yang dihadirkan panorama bentangan sawah. Demi sejenak menyegarkan pikiran, lahan ini kemudian menjelma jadi destinasi wisata pilihan tak sedikit orang.

Ya, dengan kata lain, persawahan sekarang tak hanya digunakan sebagai tempat untuk bercocok tanam, namun telah menjelma jadi tujuan wisata yang, suka atau tidak, hadir dengan berbagai "aksen pemanis."

Sebentar pergi untuk menghirup udara segar, berikut sejumlah destinasi wisata sawah yang bisa Anda kunjungi seperti dirangkum dari berbagai sumber, baru-baru ini.

1. Desa Wisata Pujon Kidul

Berlokasi di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Anda harus menempuh jarak 30 kilometer (km) dari pusat kota Malang untuk sampai ke sini. Waktunya kurang lebih sekitar 1,5 jam.

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan lahan pertanian yang menanam tomat, cabai, dan tumbuhan herbal. Ada juga peternakan sapi penghasil susu perah. Primadona di sini adalah sebuah kafe berkonsep kontemporer dengan sajian pemandangan alam dan suasana sawah.

Ada beberapa spot foto menarik di Kafe Sawah, termasuk taman bunga, jembatan, dan pemandangan dengan latar belakang pegunungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Svargabumi

Berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Svargabumi menghadirkan pemandangan yang dapat memanjakan pandangan. Bingkainya berupa hamparan sawah hijau berlatar belakang pengunungan nan menawan.

Svargabumi menyediakan lebih dari 20 spot foto, di samping ada pula gazebo dan tempat duduk untuk bersantai. Tiket masuk tempat ini dibanderol Rp30 ribu untuk orang dewasa, dan Rp15 ribu untuk anak-anak.

Svargabumi buka pukul 08.00--17.00 WIB di hari biasa, sementara pada pukul 06.30--18.00 WIB saat akhir pekan.

3. Agro Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja

Destinasi wisata sawah di Desa Mulyaharja, Bogor Selatan ini disebut-sebut memiliki suasana mirip Ubud, Bali. Anda dapat menyaksikan aktivitas petani yang sedang merawat padi di lahan seluas 23 hektare.

Area sawah ini difungsikan untuk menanam padi organik, serta dijadikan sarana edukasi bagi siapa pun yang ingin belajar mengenai pertanian organik. Saat berkunjung ke sini, Anda dapat mempelajari cara memilih benih padi yang baik, membajak sawah, menanam padi, bahkan memanen padi.

Bagi Anda yang hobinya foto-foto, tempat ini menyediakan sejumlah spot, selain ada juga saung untuk bersantai sembari menikmati pemandangan. Anda tak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus, karena ada kafe tengah sawah yang menyajikan berbagai olahan kopi, teh, dan cokelat.

Anda juga bisa menikmati pisang goreng, ubi goreng, ataupun nasi liwet saat sedang merasa lapar. AEWO Mulyaharja buka pukul 07.00--17.30 WIB dengan tiket masuk seharga Rp10 ribu.

3 dari 5 halaman

4. Sawah Segar Sentul

Tempat wisata di wilayah Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang, Bogor ini menawarkan pemandangan hijau persawahan yang memukau ditambah hawa sejuk khas pegunungan. Panoramanya tak hanya bagus di pandang langsung, namun juga saat diabadikan lewat jepretan kamera.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di sini antara lain akses Wi-Fi, area parkir, toilet, musala, gazebo, dan taman bermain. Tersedia pula beraneka macam makanan khas Jawa Barat dengan harga bervariasi. Restoran dan tempat wisata ini buka pukul 10.00--18.00 WIB pada hari biasa dan pukul 08.00--19.00 WIB saat akhir pekan.

5. Tegallalang Ubud

Siapa tak tahu tempat satu ini? Panoramanya sudah lama jadi representasi visual Kabupaten Gianyar, Bali. Terasering unik di lereng curam tentu jadi sorotan utama di sini. Di sekitar area persawahan Tegallalang, sudah banyak kafe, restoran, maupun warung makan yang bisa dengan leluasa Anda pilih.

Anda bisa bersantai dan menyantap makanan sembari menikmati pemandangan sawah yang indah. Tegallalang sendiri biasanya mulai beroperasi pada pukul 08.00--18.00 WIB setiap harinya.

4 dari 5 halaman

6. Wisata Sawah Pematang Johar

Wisata Sawah Pematang Johar ini terletak di Jalan Johar Raya, Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Tempat ini menawarkan suasana yang tenang khas pedesaan, serta memberi sensasi menenangkan bagi para pengunjung.

Di tempat ini terdapat sebuah jalan setapak yang dihiasi beberapa gapura berbagai bentuk dan warna untuk dijadikan spot foto.

Jika merasa lapar, Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner di sebuah area makan di tengah sawah. Di sini, Anda bisa menyantap hidangan, sembari duduk menikmati hamparan sawah dan hembusan angin yang sejuk.

Tiket masuk menuju Kampung Wisata Sawah adalah Rp5 ribu per orang, sementara jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.00--19:00 WIB. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

5 dari 5 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.