Sukses

4 Taman Kota di Jakarta Dibuka Lagi di Masa PPKM

Empat taman kota di Jakarta ini juga sudah disiapkan fasilitas untuk mencuci tangan sehingga dapat menjalankan protokol kesehatan.

Jakarta - Ada empat taman kota di Jakarta Pusat yang dibuka kembali agar warga bisa berwisata di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM). Pembukaan taman kota itu dilakukan mulai Sabtu, 13 Maret 2021 dan dipastikan disiagakan petugas khusus untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan.

"Taman-taman kota itu dibuka tapi dengan maksimal kapasitas 50 persen, petugas keamanan atau pamdal juga ada untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku saat ini," terang Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda, seperti dilansir dari Antaranews, 13 Maret 2021.

Selain membatasi jumlah pengunjung dan menyiapkan pengawasan, di taman-taman itu juga sudah disiapkan fasilitas untuk mencuci tangan sehingga warga dapat dengan nyaman menjalankan protokol kesehatan 3M.

Meski sudah disiapkan berbagai sarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan, Mila berharap warga yang berwisata ke taman kota agar tidak melupakan penggunaan masker. Pembukaan taman kota tahap satu ini nantinya juga akan berpengaruh pada keputusan pembukaan taman-taman kota lainnya.

"Kita lihat dulu hasil evaluasinya. Kalau ternyata masyarakatnya bisa patuh sama penerapan protokol kesehatan dan hasilnya baik tentu taman- taman lainnya kita buka bertahap," ungkap Mila.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang ingin berwisata di taman-taman kota Jakarta selama PPKM berlangsung adalah suhu tubuh harus di bawah 37.5 derajat celcius, mengikuti jalur yang sudah diberi tanda di taman, tetap menjaga jarak, dan tidak mengumpulkan kerumunan massa.

Sedangkan empat taman kota yang dibuka di Jakarta Pusat di masa PPKM adalah:

1. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng berlokasi tak jauh dari kawasan Pasar Baru. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Lapangan Banteng di antaranya berolahraga, berfoto-foto, hingga menikmati pemandangan di danau yang terletak di tengah taman. Kita juga bisa belajar sejarah, karena taman ini menjadi saksi bisu dan lokasi dari Monumen Pembebasan Irian Barat.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Taman Sumenep Promade

Taman Sumenep Promade terletak di dekat Bundaran HI tepatnya di Jalan Sumenep dan baru mengalami revitaliasi pada 2019. Bagi warga yang ingin mengalami sensasi keasrian di tengah kota dapat datang ke taman ini karena banyak tanaman dan pohon yang dapat menyejukan suasana.

Di taman ini juga terdapat jembatan gantung yang jadi ciri khas dan tentunya dapat digunakan untuk menghasilkan foto "instagramable" bagi pengunjung.

3. Taman Setara Tanamu

Tanamur termasuk salah satu taman yang dirancang khusus untuk ramah bagi penyandang disabilitas. Diresmikan pada Agustus 2020 lalu, taman yang berada di Tanah Abang Timur itu juga dihiasi lukisan dinding atau mural yang dapat menjadi spot untuk berfoto.

4. Taman FO Slipi

Taman Fly Over (FO) Slipi merupakan salah satu taman yang dirancang untuk para pecinta olahraga skateboard. Selain fasilitas skatepark, di Taman FO Slipi juga terdapat banyak tanaman yang menambah keasrian taman yang terletak di kawasan Petamburan itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Polemik Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.