Sukses

5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari dan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan jadi hal penting di tengah pandemi Covid-19. Untuk dapat tetap mempertahankan kondisi itu, ada beragam cara yang dapat ditempuh, salah satunya minum air lemon.

Minuman ini tak hanya menyegarkan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Guna menunjang langkah menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh, tak ada salahnya untuk mengonsumsi air lemon setiap hari.

Lantas, apa saja manfaat luar biasa dari meminum air lemon setiap hari? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Times of India, Senin, 8 Februari 2021, berikut ini.

1. Melancarkan pencernaan

Minumlah air lemon saat Anda bangun di pagi hari, dengan perut kosong yang bertindak sebagai pencahar dan meningkatkan proses pencernaan. Minum air lemon juga membantu meringankan gejala sembelit.

2. Menghidrasi tubuh

Lemon kaya akan vitamin C dan air menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Maka dari itu, minum air lemon setiap hari memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan sehat.

3. Membuat kulit bersinar

Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C, antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kilau. Minum air lemon secara teratur membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, bekas luka dan kekeringan pada wajah.

2 dari 5 halaman

4. Membantu menurunkan berat badan

Minum air lemon setiap hari meningkatkan metabolisme tubuh. Mengonsumsi minuman ini juga dapat membantu membakar lemak dengan cepat, sehingga menjaga kadar kalori tetap terkendali dan membantu penurunan berat badan.

5. Menghindari batu ginjal

Asam sitrat, yang ada dalam lemon, membantu memecah batu-batu kecil yang dapat menyebabkan batu ginjal. Karena air lemon berfungsi sebagai pencahar, hal ini membantu mengeluarkan batu-batu tersebut dari tubuh dan mengurangi risiko batu ginjal.

 
3 dari 5 halaman

Cara Buat Air Lemon

Dilansir dari laman Healthline, Senin, 8 Februari 2021, guna mendapat manfaat kesehatan air lemon, Anda perlu meminumnya secara konsisten. Cara membuat air lemon pun sangat mudah dan bisa dibuat sendiri.

Anda hanya membutuhkan lebih dari satu irisan lemon di cangkir. Saat membuat air lemon, selalu gunakan lemon segar daripada lemon buatan dari botol dan peras setengah buah lemon ke dalam 250 ml air hangat atau dingin.

Untuk membuat minuman ini sesehat mungkin, gunakan air yang telah disaring dan lemon organik. Tambahkan lebih banyak rasa atau tambahkan dorongan kesehatan ke air lemon dengan satu satu sendok teh sirup maple atau madu, irisan jahe segar, sejumput kayu manis, dan taburan kunyit.

Bisa pula menambahkan irisan buah jeruk segar lainnya, seperti jeruk nipis atau irisan mentimun. Sebelum mengiris dan menggunakan, ada baiknya untuk selalu mencuci seluruh bahan-bahan.

4 dari 5 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: