Sukses

10 Buah-Buahan yang Dianggap Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Selain jeruk, beberapa buah-buahan juga dianggap melambangkan keberuntungan menurut prinsip Feng Shui.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang bersiap merayakan Tahun Baru China atau Imlek, pastikan Anda juga menyuguhkan buah-buahan dalam rencana menu jamuan. Karena menurut Feng Shui, beberapa jenis buah dipercaya sebagai lambang atau membawa keberuntungan.

Selama ini, jeruk dikenal sebagai salah satu buah yang melambangkan keberuntungan. Namun, selain jeruk, terdapat beberapa buah-buahan yang juga dianggap melambangkan keberuntungan menurut prinsip Feng Shui.

Berikut 10 buah yang juga dianggap membawa keberuntungan, yang dilansir dari AsiaOne, Selasa, 26 Januari 2021:

1. Persik

Menurut simbolisme China, buah persik adalah tanda keabadian. Namun, bagian yang berbeda dari buah persik bisa memiliki makna yang berbeda pula.

Misalnya, bunga persik dianggap sebagai keberuntungan sedangkan buah persik itu sendiri mengacu pada keabadian dan awet muda. Pohon persik adalah simbol umur panjang, sedangkan kelopak bunga persik melambangkan cinta dan kebahagiaan.

2. Anggur

Anggur bisa melambangkan kesuburan atau kelimpahan. Namun, anggur juga mewakili kesuksesan yang akan datang dalam waktu dekat, atau selalu berada dalam satu keluarga.

3. Delima

Sama seperti anggur, buah delima juga digunakan sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan. Pengantin baru sering disarankan untuk memajang karya seni atau simbol buah delima di rumah untuk menarik keberuntungan dan kesuburan bagi keluarga mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Aprikot

Karena warnanya yang cantik, aprikot sering digunakan untuk melambangkan kekayaan dan emas. Sama seperti buah persik, berbagai bagian aprikot juga melambangkan hal yang berbeda. Buah aprikot sering digunakan untuk mewakili simbol keanggunan dan kecantikan wanita.

5. Apel

Apel sering digunakan untuk melambangkan keberuntungan dan kekayaan karena pada zaman dahulu, apel dianggap sebagai buah yang mewah.

Ini juga disebabkan karena varietas apel tertentu hanya bisa tumbuh di beberapa bagian Korea dan Jepang yang berarti China harus mengimpor varietas tersebut.

6. Nanas

Selain digunakan dalam masakan, nanas seringkali bisa melambangkan keberuntungan dan kekayaan. Ini karena kata Hokkien untuk nanas, "ong lai", terdengar mirip dengan "kemakmuran datang dengan cara Anda".

7. Pisang

Pisang merupakan buah yang melambangkan persatuan karena selalu datang dalam satu tandan. Warna buah yang cerah dan kuning cerah juga melambangkan kebahagiaan.

3 dari 4 halaman

8. Leci

Leci adalah buah yang menguntungkan menurut prinsip Feng Shui. Warna merah melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan. Menurut budaya Tiongkok kuno, buah leci juga merupakan simbol mitologis romansa, keindahan, dan keberuntungan.

9. Pomelo atau Jeruk Bali

Pomelo atau Jeruk Bali adalah simbol persatuan keluarga dan dianggap membawa keberuntungan ke dalam rumah keluarga. Jika Anda ingin memajang pomelo di rumah Anda selama Imlek, cobalah untuk membeli sepasang karena prinsip Feng Shui yang populer menyatakan bahwa "semua hal baik datang berpasangan".

10. Semangka

Bentuk bulat semangka dianggap sebagai keberuntungan dalam Feng Shui. Sementara buah itu sendiri melambangkan kemakmuran, dan banyak bijinya melambangkan kelimpahan. Sedangkan dagingnya yang berwarna merah manis juga menjadi simbol keberuntungan. (Melia Setiawati)

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.