Sukses

10 Pendaki Nepal Taklukkan Puncak K2, Gunung yang Dikenal Mematikan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tim pendaki Nepal menjadi yang pertama yang berhasil puncak Gunung K2 atau Karakoram di musim dingin. Gunung tersebut merupakan gunung tertinggi kedua di dunia, setelah Gunung Everest.

Dari 14 gunung di dunia yang menjulang di atas 8.000 meter, hanya 8.611 meter K2 yang belum terukur di musim dingin, seperti dilansir dari laman Kyodo News, Senin (18/1/2021). Gunung yang terletak di antara Pakistan dan China ini terkenal dengan kondisinya yang tak kenal ampun dan disebut sebagai Savage Mountain.

Tim pendaki asal Nepal itu terdiri dari 10 orang dan mencapai puncaknya pada Sabtu, 16 Januari 2021. Salah satu pendaki mengungkapkan kegembiraannya berhasil mencapai puncak gunung tersebut.

"Yang tidak mungkin menjadi mungkin!" Nirmal Purja, salah satu pendaki asal Nepal itu dalam akun Instagram pribadinya. "Sejarah dibuat untuk umat manusia, Sejarah untuk Nepal!"

Gunung K2 disebut sebagai gunung yang mematikan di kalangan pendaki. Hal itu karena gunung tersebut berbatu dan hanya segelintir pendaki yang berusaha untuk mencapainya di musim dingin.

2 dari 4 halaman

Pendaki Spanyol Tewas

Sementara itu, Perdana Menteri Spanyol PedroSanchez mengumunkan, pendaki gunung dari negaranya tewas saat mendaki K2, Sabtu, 16 Januari 2021. "Kematian menyedihkan dari Sergi Mingote di K2," cuit Sanchez, seperti dikutip dari laman CNN.

"Dia ingin terus membuat sejarah dengan menjadi bagian dari ekspedisi pertama untuk memahkotai gunung ini di tengah musim dingin dan sebuah kecelakaan tragis telah mengakhiri hidupnya. Pelukan erat untuk orang yang dicintai dari atlet hebat ini."

Sehari sebelumnya, pendaki tersebut membagikan unggahannya yang mengumumkan bahwa ia telah mencapai hari ke-27 pendakian dan telah mencapai 7.000 meter. Chhang Dawa Sherpa, seorang pendaki gunung Nepal yang memimpin ekspedisi musim dingin K2, mengatakan di Instagram bahwa Mingote "tiba-tiba jatuh".

Sebuah unggahan di akun Instagram resmi Mingote berbunyi, "Beristirahatlah dalam damai Sergi. Hari ini Anda memulai pendakian baru."

Dibandingkan dengan lebih dari 4.000 orang yang telah mendaki Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter - hanya 350 orang yang telah berdiri di puncak K2 pada 2018. Meski hanya sedikit yang mendaki K2, setidaknya 77 orang tewas saat mencoba mendaki.

3 dari 4 halaman

Aturan Sepulang Liburan Natal dan Tahun Baru di Luar Negeri

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: