Sukses

4 Makanan Super untuk Diet Sekaligus Tingkatkan Imunitas Tubuh

Tak hanya sehat dikonsumsi sebagai menu diet, sejumlah makanan super ini punya rasa enak yang membuat Anda akan nyaman dalam memakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh tentu juga soal memilih gaya hidup, termasuk asupan harian. Mengonsumsi sejumlah makanan super dalam diet tak hanya akan menjaga berat badan. Beberapa di antara pilihan makanannya ternyata juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Daya tahan tubuh jadi lebih penting di waktu sekarang, mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Dalam mempertahankannya, ada makanan super yang tetap enak dikonsumsi dan sangat mungkin dikombinasikan dengan bahan lain.

Melansir laman Times of India, Rabu, 13 Januari 2021, berikut sejumlah makanan super yang tak sekadar bisa menurunkan berat badan, namun juga meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, Anda bisa secara maksimal menjaga kesehatan tubuh.

1. Wortel

Merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik, mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh Anda. Menurunkan risiko kanker juga jadi salah satu di antara beberapa manfaatnya.

Wortel sangat kaya akan beta-karoten, antioksidan yang diubah tubuh jadi vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata, serta berperan penting dalam kesehatan. Mereka juga baik untuk jantung Anda dan merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat bagi penderita diabetes.

2. Buah Bit

Buah bit kaya akan nutrisi, tapi rendah kalori dan lemak. Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam umbi-umbian bermanfaat, seperti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menjaga tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

Buah bit juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena mengandung banyak air dan rendah kalori.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kale

Jadi superstar nutrisi karena jumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, kale adalah salah satu makanan super paling serbaguna. Sayuran ini sangat rendah kalori, tapi sarat antioksidan kuat, seperti quercetin dan kaempferol, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan.

Kale adalah sumber vitamin K yang sangat baik, nutrisi penting untuk pembekuan darah. Ini juga tinggi vitamin C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kalium dalam kale dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

4. Kembang Kol dan Brokoli

Sayuran kucifer, seperti brokoli dan kembang kol, kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Faktanya, menambahkan jenis sayuran ini ke makanan Anda dapat membantu melindungi dari ragam penyakit.

Kedua sayuran tersebut tinggi vitamin C, yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Mereka juga merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, nutrisi penting dalam pengendalian gula darah, pencernaan, dan kesehatan jantung.

4 dari 4 halaman

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.