Sukses

Bumbu Tabur Manis dengan Pewarna Alami dan Tanpa Bahan Pengawet

Bahan pengawet dapat berasal dari bahan alami atau sintetik, bahan pengawet alami contohnya seperti gula dan garam.

Liputan6.com, Jakarta – Bumbu Tabur Magfood dengan Bumbu Rasa Susu, Bumbu Rasa Coklat, dan Bumbu Rasa Green Tea, merupakan salah satu produk Bumbu Tabur (Seasoning) dengan kategori Bumbu Tabur rasa Manis.

Bumbu ini diracik dengan warna alami dan tanpa bahan pengawet buatan/sintetik seperti asam sorbet, asam propionat, asam benzoat, asam asetat, dan sebagainya serta terdapat bagai macam varian rasa maupun ukuran produk.

Apa itu Bahan Pewarna dan Pengawet Buatan?

Bahan Pewarna Buatan/sintetik adalah bahan yang ditambahkan dengan tujuan memberikan warna sehingga dapat memberi efek yang lebih menarik seperti tartrazin dan Allura Red, berbeda dengan pewarna buatan, untuk pewarna alami merupakan pewarna yang diperoleh dari bahan-bahan alami baik nabati, hewani, ataupun mineral (Ika Kurniawati, 2009).

Beberapa pewarna alami yang banyak dikenal dan digunakan masyarakat seperti kunyit membuat warna kuning, daun suji dan pandan untuk warna hijau, gula merah untuk warna coklat,atau cabai untuk menghasilkan warna merah.

Bahan Pengawet adalah zat yang di gunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pembusuk. Zat pengawet hendaknya tidak bersifat toksik, tidak mempengaruhi warna, tekstur, dan rasa makanan (Arisman, 2009), untuk bahan pengawet dapat berasal dari bahan alami atau sintetik. Bahan pengawet alami contohnya seperti Gula dan Garam.

Sedangkan bahan pengawet buatan/sintetik seperti asam sorbet, asam propionat, asam benzoat, asam asetatBahan Pengawet dapat menghambat atau memperlambat proses kerusakan pada produk, yang disebabkan oleh mikroba. Penggunaan pengawet dalam pangan harus tepat baik jenis maupun dosisnya.

Apakah Pewarna dan Pengawet Buatan Bahaya?

Penggunaan dengan dosis melebihi batas dapat memberikan efek yang merugikan bagi kesehatan baik untuk pewarna maupun pengawet, untuk contoh Tartrazin merupakan pewarna kuning lemon sintetis yang biasa digunakan sebagai pewarna makanan. Tartrazin termasuk jenis pewarna yang masih diperbolehkan untuk digunakan dalam batas aman penggunaan (50 -300 mg/kg makanan dan 0 - 4 mg/kg berat badan).

Efek samping secara langsung dari penggunaan tartrazin ini antara lain seperti urtikaria (ruam kulit), rinitis (hidung meler), asma, purpura (kulit lebam) dan anafilaksis sistemik (shock). Sedangkan efek penggunaan tartrasin pada pemakaian terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama akan berpotensi meningkatkan hiperaktivitas anak (Bustani, 2013).

Untuk menghasilkan warna yang beraneka Industri umumnya juga mampu melakukan pencampuran pada pewarna tersebut.Sedangkan untuk Bahan Pengawet menurut Eberechukwu dkk.(2007) menunjukkan bahwa pemberian sodium benzoat secara in vivo pada hewan coba tikus pada dosis 60 dan 120 mg/kg dapat mengakibatkan penurunan Hb (haemoglobin) secara nyata.

Namun ada pula pelaku usaha yang menambahkan zat berbahaya kedalam bahan pangan dengan tujuan mengawetkan, padahal zat tersebut bukanlah Bahan Pengawet yang diizinkan oleh Pemerintah untuk Penggunaannya dalam makanan, seperti Boraks dan Formalin Menurut Kumar dan Srivastava (2011) asam borat atau boraks dapat menyebabkan keracunan dengan tanda batuk, iritasi mata, mulut, dan muntah.

Sedangkan Formalin umumnya digunakan dalam industri plastik, kertas, tekstil, cat dan mebel, juga digunakan untuk mengawetkan mayat dan mengontrol parasit pada ikan. Formalin diketahui dapat menyebabkan kanker. Menurut Benson dkk. (2008), pemberian formalin pada hewan uji coba tikus dapat mengakibatkan neuropathic pain.

Itulah, mengapa Bumbu Tabur Manis Magfood memiliki keunggulan dan menjadi pilihan tepat untuk bisnis anda. MagFood selalu mengedepankan kualitas produk dan berkomitmen terhadap kesinambungan usaha para pelanggannya. Dengan aneka macam varian rasa dan ukuran kemasan produk.

PT MAGFOOD INOVASI PANGAN didirikan pada tahun 2001 sebagai produsen Food Seasoning untuk para produsen makanan. Banyak pilihan produk dan rasa yang ditujukan bagi industry snack seperti keripik, kerupuk, kacang, mi lidi, macaroni, basreng dll. Berbagai varian rasa baik souvery (asin gurih) ataupun varian rasa manis.

Yang lebih penting MagFood juga melayani Formula khusus sehingga akan sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha yang ingin memiliki produk dengan ciri khas maupun kriteria-kriteria bahan yang akan menjadikan produk khusus sesuai target pasarnya. MagFood sudah digunakan lebih dari 700 pelaku usaha di seluruh Indonesia selama 19 tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini