Sukses

Anak Tetap Perlu Bermain di Masa Pandemi untuk Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Setiap momen di rumah bersama keluarga, termasuk saat bermain dengan anak, sangat berharga dan patut untuk dirayakan.

Liputan6.com, Jakarta -  Masa pandemi bisa menjadi momen bagi orangtua untuk lebih dekat dengan anak-anak mereka karena lebih banyak berada di rumah. Selama di rumah, anak tak hanya harus belajar tapi juga tetap bermain yang tentunya lebih banyak dilakukan di rumah.

Terkadang ada rasa jenuh karena kegiatan bermain di rumah berbeda di luar rumah yang lebih banyak pilihan dan bisa bertemu dengan teman-teman mereka. Meski begitu, ada banyak cara dan variasi yang bisa dilakukan agar anak tak cepat jenuh selama bermain di rumah. Kegiatan itu ikut didukung oleh IKEA Indonesia.

Mereka mengajak orangtua untuk memaknai setiap momen bermain dengan anak selama di rumah saja dengan menginisiasi kampanye 'Ayo Main' (Let’s Play). Kampanye 'Ayo Main' merupakan bagian dari tema besar IKEA yaitu Maknai Setiap Momen, di mana IKEA percaya kalau setiap momen di rumah bersama keluarga sangat berharga dan patut untuk dirayakan.

Kampanye 'Ayo Main' pertama kali diluncurkan pada 2016 untuk fokus pada hak bermain dan pengembangan diri anak di seluruh dunia. Tahun ini, kampanye 'Ayo Main' hadir untuk mengingatkan pentingnya waktu bermain dengan anak selama masa pandemi. Berdasarkan data yang disampaikan oleh KPAI, sebesar 63 persen anak Indonesia mengalami kejenuhan selama di rumah.

"Bermain adalah aktivitas yang penting untuk proses tumbuh kembang anak, baik secara kognitif, fisik, maupun emosional," terang Psikolog Klinis Anak, Anastasia Satriyo dalam webinar ‘Ayo Main: Inspirasi Ciptakan Momen Main Seru Bersama Anak’, Rabu, 11 November 2020.

"Orangtua berperan penting untuk menemani anak bermain. Selain untuk mengawasi kegiatan bermain anak, hal ini juga berguna untuk memperkuat ikatan antara orangtua dan anak," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dyah Fitrisally selaku Country Marketing Manager IKEA Indonesia, mengatakan, pihaknya percaya bahwa waktu bermain orangtua dan anak sangat penting untuk mengurangi tekanan dan menambah kreativitas selama berada di rumah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Seru Bersama Anak

"IKEA selalu berkomitmen untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk anak-anak. Kampanye Ayo Main kami inisiasi sebagai sarana untuk anak-anak mengisi kejenuhannya dengan kegiatan positif dan bagi orangtua untuk menciptakan momen seru saat bermain bersama anak," ucapnya.

Melalui kampanye Ayo Main, IKEA Indonesia yakin bahwa setiap anak berhak memiliki momen bermain yang seru untuk kesehatan fisik dan mental di mana mereka dapat tetap berkembang walau di masa pandemi.

Sebagai dukungan untuk kegiatan bermain, IKEA Indonesia juga menyediakan ragam perabot dan mainan anak yang terbuat dari material yang ramah anak-anak.

Mereka juga menyediakan solusi dan inspirasi untuk kegiatan bermain dengan anak di rumah yang dapat dilihat di laman resmi IKEA Indonesia. Mereka juga menyelenggarakan kompetisi menggambar yang dapat diikuti oleh anak maksimal usia 12 tahun dari 5-22 November 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.