Sukses

Norwegia Punya Paspor dan KTP Baru Setelah 6 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Norwegia memiliki satu set paspor dan KTP baru yang menarik, yang menampilkan ilustrasi lanskap negara yang berubah dari siang ke malam di bawah sinar UV.  Desain itu dirancang oleh Neue Design Studio yang berbasis di Oslo, yang memenangkan kontrak desain dengan konsep menjelajahi lanskap Norwegia yang luas.

Tujuan keseluruhan dari desain ulang paspor adalah untuk meningkatkan keamanan paspor Norwegia, KTP dan dokumen perjalanan. Aspek penting lainnya adalah paspor harus memiliki dasar yang kuat dengan masyarakat Norwegia, dilansir dari laman Lonely Planet, Rabu, 11 November 2020.

Setelah enam tahun pengembangan, versi final paspor kini telah diluncurkan. Tim desain membuat cerita visual yang komprehensif di mana setiap halaman mewakili cerita unik Norwegia.

Dengan menggunakan ilustrasi bagian utama dari panorama Norwegia yang luas, Neue ingin menunjukkan kontras lanskap dan iklim yang telah membentuk orang Norwegia, menawarkan peluang dan sumber daya, tempat rekreasi, dan pemandangan peristiwa sejarah penting.

"Desainnya harus menciptakan rasa memiliki dan koneksi antarusia, jenis kelamin, dan wilayah di Norwegia," kata desainer senior Neue Benjamin Stenmarck.

2 dari 3 halaman

Rasa Memiliki

Desain paspor baru itu juga memertimbangkan fondasi sejarah Norwegia dan apa yang ada di dalam budayanya yang menciptakan rasa memiliki. Hal itu sesuatu yang ditemukan di alam yang merupakan bagian sejarah Norwegia.

Pemandangan di sekitar Norwegia membuat rasa memiliki dan bangga dan mengisi fungsi simbolis seluruh rakyat. Gambar pemandangan dan lanskap dapat dengan mudah menjadi klise, tetapi dengan diterima secara luas dan berakar kuat dalam budaya Norwegia, gambar tersebut juga sangat mudah diidentifikasi. 

"Akhirnya! Setelah 6 tahun dalam pembuatan, kami dengan bangga mempersembahkan paspor Norwegia yang telah diselesaikan 🇳🇴," tulis akun @neuedesignstudio pada 20 Oktober 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :