Sukses

8 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Liburan Cuti Bersama

Jakarta -  Sebagian masyarakat ada yang pergi ke berbagai tempat wisata, tapi ada juga yang memilih tetap berada di rumah meski sedang libur panjang cuti bersama sampai akhir pekan ini. Hal itu sesuai himbauan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito yang mengatakan, liburan paling aman saat libur panjang akhir Oktober, adalah tetap berada di rumah.

Menurut dia, dengan berada di rumah, orang akan aman tanpa kerumunan, dan menghindari penularan Covid-19. "Cara terbaik untuk merayakan liburan ini adalah dengan aman dan nyaman tanpa kerumunan. Satgas dalam kesempatan ini mengimbau bahwa pilihan terbaik saat ini, liburan di rumah saja," kata Wiku dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 27 Oktober 2020.

Liburan di rumah tidak selalu membosankan jika berkegiatan yang sebelumnya belum sempat dilakukan. Kesibukan pekerjaan atau tugas sekolah membuat beberapa orang tidak sempat untuk bersantai atau menjalani hobinya. Dilansir dari laman Antaranews, Kamis, 29 Oktober 2020, berikut delapan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah.

1. Perawatan tubuh

Libur panjang ini bisa dilakukan dengan perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kalau belum berani berkunjung ke salon, Anda bisa perawatan rumahan seperti maskeran, lulur, spa hingga creambath. Saat ini juga banyak dijual produk perawatan untuk di rumah.

2. Maraton serial atau film

Kegiatan ini adalah cara yang paling mudah untuk mengisi libur panjang cuti bersama. Banyak serial baru dan film yang menarik untuk disaksikan secara maraton. Kalau melakukan aktivitas ini, biasanya waktu terasa berjalan dengan cepat.

2 dari 4 halaman

3. Baca buku

Baca kembali buku-buku yang sebelum sempat diselesaikan karena beragam kesibukan saat sebelum pandemi corona. Jangan lupa siapkan segelas teh hangat atau kopi untuk menemani membaca sehingga me time terasa lebih nikmat.

4. Dekorasi ulang

Untuk menghilangkan rasa bosan dengan suasana rumah, Anda bisa menata dan mendekorasi ulang rumah dengan memindahkan furnitur, mengecat atau membuat dekorasi baru. Kegiatan ini cukup menyenangkan dan bisa memberikan nuansa baru di rumah.

5. Berkebun

Selama ini Anda mungkin hanya melihat kegiatan berkebun di media sosial, Anda bisa memulainya di rumah sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan menanam tanaman hias, bunga atau sayur-sayuran.

Di masa pandemi ini, berkebun termasuk kegiatan yang banyak digemari, karena selain menyalurkan hobi juga bisa mendapatkan hasil, terutama mereka yang menanam buah dan sayuran.

3 dari 4 halaman

6. Memasak

Selain berkebun, memasak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan banyak disukai di masa pandemi. Tak sedikit orang yang jarang atau bahkan belum pernah masak, selama pandemi jadi suka memasak.

Selain lebih terjamin kebersihannya, memasak juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli makanan. Anda bisa bereksperimen dengan mencoba berbagai resep baru dari makanan tradisional, Asia, sampai membuat kue-kue kekinian.

7. Bermain bersama keluarga

Ciptakan permainan yang menyenangkan bersama keluarga seperti monopoli, ludo, ular tangga, halma dan masih banyak lagi. Selain menghadirkan kegembiraan, bermain bersama keluarga membuat suasana menjadi lebih akrab.

8. Bermalas-malasan

Setelah sibuk dengan berbagai rutinas, tak ada salahnya menghabiskan libur panjang dengan bermalas-malasan di rumah. Anda bisa bersantai di tempat tidur sambil nonton, bermain game di ponsel pintar atau sekadar rebahan sepanjang hari.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: