Sukses

Kontroversi Ratu Elizabeth II Tak Pakai Masker di Kunjungan Publik Perdana

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II akhirnya keluar untuk kunjungan publik pertamanya di luar kediaman kerajaan sejak Maret. Di momen tersebut, banyak orang terkejut mendapati perempuan 94 tahun itu tak memakai masker, mengingat pandemi masih berlangsung.

Melansir laman People, Jumat (16/10/2020), Ratu bersama cucunya, Pangeran William, menuju Salisbury untuk mengunjungi lab tingkat atas pada Kamis, 15 Oktober 2020. Ia mengenakan mantel merah muda rancangan Stewart Parvin dengan topi serasi dari Rachel Trevor Morgan.

Absennya masker sebagai pelengkap penampilan juga diperlihatkan Duke of Cambridge. Seorang sumber kerajaan mengatakan, semua pedoman COVID-19 yang relevan tetap diikuti selama kunjungan ke Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan (Dstl).

Selain praktik jaga jarak, semua yang bertemu Ratu Elizabeth II dan Pangeran William dinyatakan negatif COVID-19. "Nasihat khusus telah diminta dari tenaga medis dan pihak terkait. Semua tindakan pencegahan yang diperlukan telah diambil, bekerja sama dengan Dstl," kata juru bicara Istana Buckingham.

Padahal, pemerintah Inggris mendorong penggunaan masker di sebagian besar lingkungan dalam ruang. Praktiknya jadi penting saat jarak aman sulit diterapkan dan Anda akan bersentuhan dengan orang yang biasanya tak ditemui. Mereka yang tak mematuhi pedoman dapat dikenakan denda.

Total 48 orang yang berkontak dekat dengan keluarga kerajaan telah diuji COVID-19 oleh Dstl dan lokasi itu telah dipagari untuk menjaganya tetap aman. Staf diatur dalam kelompok-kelompok kecil, sedangkan Kepala Eksekutif Gary Aitkenhead membimbing Ratu Elizabeth II berkeliling menemui mereka.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Agenda Ratu Elizabeth II Selama Pandemi

Pada Maret, Ratu Elizabeth meninggalkan Istana Buckingham di London untuk isolasi mandiri di Kastil Windsor bersama suaminya, Pangeran Philip. Sejak saat itu, ia hanya melakukan dua acara kerajaan, yakni perayaan Trooping the Color yang diperkecil pada bulan Juni dan penggalangan dana Sir Tom Moore, keduanya di balik pintu tertutup.

Ratu juga sempat menghadiri pernikahan cucunya, Putri Beatrice, dengan Edoardo Mapelli Mozzi, di bulan Juli, setelah pernikahan mereka ditunda karena pandemi. Hanya ada sekitar 20 teman dekat dan anggota keluarga yang hadir kala itu.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menghabiskan waktu di Balmoral, Skotlandia selama musim panas sebelum menuju perkebunan Sandringham mereka. Awal bulan ini, keduanya kembali ke Kastil Windsor dengan rencana kembali ke Istana Buckingham di London untuk pertemuan dan pertemuan terpilih saja.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: