Sukses

Inspirasi Desain Rumah Minimalis di Bandung, Super Simpel nan Elegan

Liputan6.com, Jakarta - Sulit rasanya untuk tidak jatuh hati dengan hunian minimalis seluas 225 meter persegi ini. Rumah yang dirancang oleh Kamitata tersebut seketika dapat langsung menarik perhatian berkat fasadnya.

Penghuni rumah berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini mengharapkan sebuah hunian yang mampu memenuhi kebutuhan utama mereka, yakni kebutuhan akan keamanan dan privasi. Memperhatikan dua kebutuhan itu, biro arsitek Kamitata pun merancang dan mendirikan sebuah rumah dengan desain yang super simpel nan elegan.

Seperti apa desainnya? Yuk, simak inspirasi selengkapnya seperti dirangkum oleh Arsitag seperti di bawah ini.

Rumah Minimalis dengan Fasad Unik

Fasad rumah ibarat wajah yang menjadi gambaran jati diri penghuninya, sekaligus menjadi ciri khas agar mudah dikenali. Tampak jelas, Kamitata menjadikan desain fasad yang unik sebagai elemen prioritas rumah minimalis dua lantai ini.

Dari kejauhan, hunian ini langsung mencuri perhatian. Rumah tampak unik dengan fasad berbentuk persegi dengan atap asimetris.

Menyadari kebutuhan utama penghuninya akan keamanan dan privasi, Kamitata merancang model fasad tertutup yang minim bukaan. Jendela-jendela tidak dibuat menghadap ke arah depan seluruhnya, melainkan beberapa jendela dibangun menghadap ke arah samping.

Jendela-jendela ini tersembunyi atau tak langsung terlihat. Sementara itu, ukuran jendela yang kecil memanjang tak hanya mendukung gaya desain minimalis yang diusung, tetapi juga menjaga keamanan dan privasi para penghuninya. Meskipun berukuran kecil, cahaya alami dan udara tetap bisa leluasa masuk ke dalam bangunan.

2 dari 5 halaman

Kualitas Visual di Area Tangga

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kenyamanan di dalam rumah adalah kualitas visual, misalnya pada area anak tangga yang biasanya kurang diperhatikan sehingga gelap dan suram. Kondisi seperti ini tak jarang membuat pengguna merasa terancam dan tertekan.

Hal itulah yang dihindari pada desain rumah minimalis ini. Kamitata menjaga kualitas visual dengan menempatkan area tangga berdekatan dengan jendela. Cahaya alami yang masuk melalui jendela kemudian berpadu sempurna dengan material kayu pada anak tangga.

Material kayu dengan motif dan warna natural tampak begitu eksotis saat tersorot cahaya alami. Sama sekali tidak tampak kesan gelap dan suram, melainkan tampilan simpel nan elegan.

3 dari 5 halaman

Elemen Void dan Dry Garden

Kamitata memilih strategi yang jitu demi menyejukkan suasana di dalam bangunan. Elemen void atau ruang kosong yang menghubungkan lantai satu dan dua ditambahkan pada salah satu sudut dalam rumah.

Elemen void yang terbuka dan menerus ke atas mampu menciptakan perasaan lebih lapang pada sebuah hunian. Bagian terbuka di atas void juga membantu udara panas di dalam rumah naik ke atas. Cahaya alami pun melimpah melalui bukaan dari bagian atas void.

Di hunian yang merepresentasikan selera milenial ini, elemen void dipadukan dengan dry garden. Elemen dry garden yang dibangun di bagian dasar void terdiri atas hamparan koral hitam dan tanaman hijau yang merambat di dinding.

Area ini menjadi sarana outdoor privat dari keramaian jalan ataupun lalu lalang tetangga. Penghuni rumah tetap bisa menikmati udara segar di dalam rumah.

4 dari 5 halaman

Cahaya Alami di Setiap Sudut Rumah

Desain yang super simpel namun elegan di setiap bagian rumah tak lantas menghilangkan unsur-unsur penting kehidupan seperti cahaya alami dan udara segar. Setiap ruangan dan sudut rumah diperhatikan dengan cermat agar mendapatkan unsur-unsur penting tersebut.

Misalnya, pintu-pintu kamar tidur yang berada di lantai dua dibangun menghadap ke arah void sehingga saat pintu dibuka, udara segar dan cahaya alami bisa masuk ke dalam kamar. Demikian pula dengan area ruang makan. 

Bukaan atas di salah satu sisi ruang makan menjadi jalan masuk bagi cahaya alami yang menerangi ruangan. Material kayu dengan motif dan warna natural kembali hadir melalui furnitur ruang makan serta kisi-kisi pada bukaan atas. Lagi-lagi, perpaduan unsur alami berupa material kayu dan bayangan cahaya alami menampilkan interior cantik yang simpel nan elegan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: