Sukses

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi alkohol berlebihan termasuk salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi [corona](4224965/ "") Covid-19 membuat semua orang fokus menjaga sistem kekebalan tubuh, karena ini menjadi hal yang sangat penting. Kalau tubuh sehat maka kita tak akan mudah terkena penyakit, termasuk virus.

Agar kekebalan dan kesehatan tubuh terjaga dengan baik, setidaknya ada dua hal yang harus dipikirkan, yaitu tentang memilih makanan yang mendukung kekebalan tubuh, dan menghindari perilaku yang dapat melemahkan imun.

Lalu, apa saja perilaku yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh? Dilansir dari Healthline, ada enam kebiasaan buruk yang sebaiknya Anda hindari agar tidak melemahkan imunitas tubuh Anda.

[bacajuga:Baca Juga](4224965/ 4225127 4224867)

Terlalu banyak minum alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Bahkan, dapat mengubah sistem tersebut. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat bawah ada hubungan dimana konsumsi alkohol berlebihan dapat membuat imun tubuh melemah.

Efeknya, termasuk peningkatan kerentanan terhadap pneumonia, dan kemungkinan lebih besar mengarah ke sindrom stres pernapasan akut. Hal ini menjadi faktor yang berpotensi memengaruhi imunitas kita terhadap Covid-19.

Konsumsi garam berlebihan

Penelitian baru dari Rumah Sakit Universitas Bonn yang dilakukan pada manusia dan tikus mendapatkan kesimpulan bahwa, terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun.

Peneliti menemukan ketika ginjal mengeluarkan atau kelebihan natrium, efek domino akan terjadi, dimana mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Sementara, Covid-19 adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder.

Konsumsi gula berlebihan

Seperti halnya garam, mengurangi kelebihan gula adalah ide yang cerdas. Hal itu bukan hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga untuk mendukung kekebalan atau imunitas tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Amreican Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa setelah puasa semalam, manusia yang diberi 100 gram gula, mengalami pengurangan kemampuan sel untuk menekan bakteri.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asupan kafein berlebihan

Kopi dan teh bersifat melindungi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan tingginya antioksidan yang dimatikan dengan anti peradangan. Meski begitu, terlalu banyak kafein bisa menganggu tidur, dan hasil itu dapat meningkatkan peradangan dan menganggu kekebalan tubuh.

Bukan berarti Anda tak boleh konsumsi kafein, tetapi sebaiknya dilakukan sekitar 5-6 jam sebelum tidur dan secukupnya saja.

Kurang konsumsi serat

Serat sangat mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan membantu mengubah susunan bakteri usus dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dan suasana hati.

Serat yang baik juga akan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, wajib konsumsi serat di tengah pandemi covid-19 agar imunitas tubuh semakin bagus.

Kurang tidur

Saat tidur, tubuh akan meningkatkan bagian dari sistem kekebalan yang mempelajari cara terbaik untuk menyerang virus dan bakteri baru. Tetapi, jika kurang tidur, maka tubuh tak memiliki kesempatan untuk melakukannya. Jadi, tidurlah yang cukup agar tubuh tetap fit dan sehat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.