Sukses

Konsumsi 4 Tanaman Herbal Ini Untuk Perkuat Imunitas Tubuh Hindari Virus Corona Covid-19

Jakarta - Sistem kekebalan tubuh yang baik diperlukan saat pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang. Imunitas yang rendah bisa menyebabkan Anda rentan terpapar virus corona SARS-CoV-2.

Satu di antara cara menjaga imunitas adalah dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh sangat mudah Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam tanaman herba.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, herba ialah tumbuhan yang daun, bunga, atau akarnya dapat digunakan untuk bumbu makanan, obat-obatan, atau parfum.

Secara khusus, nutrisi yang terkandung dalam tanaman herba tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh mencegah terinfeksi virus corona covid-19. Virus corona covid-19 akan mudah menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Mengonsumsi tanaman herbal bisa menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan cocok dikonsumsi oleh semua golongan umur, anak-anak hingga lansia.

Mengonsumsi olahan tumbuhan herba, seperti sayur bening daun kelor, jamu beras kencur, atau teh dari tanaman herba lainnya bisa menjadi alternatif Anda mengantisipasi agar tidak terpapar virus corona covid-19.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, tanaman herba yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh di tengah pandemi virus corona covid-19:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Daun Kelor

Daun kelor selama ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman herba untuk menangkal gangguan mistis. Namun, daun kelor juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui daun kelor dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk cegah terinfeksi virus corona.

Tanaman yang dijuluki 'miracle tree' oleh WHO ini memiliki kandungan asam amino dan sifat antioksidan yang penting bagi tubuh, yang berfungsi memperbaiki segala kerusakan pada jaringan akibat infeksi virus corona.

Sifat antibakteri yang ada dalam daun kelor mampu menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya bagi tubuh. Daun kelor memiliki kadar kalori yang rendah dan diminati pencinta obat herbal.

3 dari 5 halaman

2. Jahe Merah

Melihat perkembangan penyebaran virus corona yang belum menunjukkan penurunan, jahe merah bisa menjadi alternatif pilihan sebagai tanaman herba mencegah terinfeksi virus ini.

Tanaman jenis rimpang ini seringkali ditemui sebagai campuran minuman tradisional.

Manfaat yang terkandung dalam jahe merah mampu membantu penderita COVID-19 dalam proses pemulihan.

Jahe merah mengandung senyawa aktif (gingerol) yang dipercaya bisa melawan respiratory syncytial virus corona, yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

Selain itu, mengonsumsi jahe merah mampu meredakan gejala terinfeksi virus corona, seperti batuk. Anda akan merasakan sensasi hangat pada tenggorokan dari kandungan flavonoid.

4 dari 5 halaman

3. Cabe Merah

Mungkin Anda mengenal cabe merah sebagai tambahan bumbu masakan. Padahal, cabe merah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kandungan vitamin C dan zat besi pada jenis sayuran ini akan menghasilkan kolagen dalam pembentukan sistem imunitas yang kuat. Sifat antioksidan yang ada dalam cabe merah berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dari serangan radikal bebas.

Mengonsumsi cabe merah mampu mencegah gejala flu dengan kandungan askorbat yang ada di dalamnya.

5 dari 5 halaman

4. Kencur

Olahan kencur yang mudah ditemui sebagai jamu adalah jamu beras kencur. Tanaman jenis rimpang ini menjadi satu di antara tanaman herba untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kencur mampu menjaga kesehatan tubuh dari gangguan kesehatan.

Kencur memiliki sensasi hangat di tenggorokan ketika dikonsumsi. Rutin mengonsumsi olahan dari kencur mampu mengatasi gejala terinfeksi virus corona, seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Akan ada efek stimulasi ketika mengonsumsi olahan kencur pada sistem retikuloendotelial yang merupakan jaringan pengikat retikular. Kencur mampu tingkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.com (penulis Alfi, editor Aning, published 6/4/2020)