Sukses

Manis dan Menyegarkan, Berikut 6 Khasiat Buah Naga bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti di Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, kulit buah ini memiliki bentuk bulat dengan kulit yang menyerupai sisik naga.

Buah yang memiliki nama lain pitaya ini dianggap sebagai tanaman kaktus yang memiliki beragam nutrisi bagi tubuh. Diketahui, buah naga mengandung beberapa jenis vitamin seperti, vitamin C, B1, B2, dan B3. Terkandung pula zat besi, kalsium, dan fosfor di dalamnya.

Dengan beragamnya nutrisi yang ada pada buah naga, saat menyantapnya Anda akan mendapatkan begitu banyak manfaat. Berikut ini enam manfaat yang bisa Anda rasakan saat mengonsumsi buah naga berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Kamis, 30 Januari 2020.

1. Mencegah Kanker

Selain memiliki aneka vitamin, buah naga mengandung karoten, yaitu zat bisa mencegah berbagai penyakit kronis. Selain itu, terdapat pula likopen pada kulitnya yang berwarna merah. Likopen diketahui mampu menurunkan risiko kanker prostat.

Kandungan serat yang tinggi, fosfor, kalsium, serta vitamin C dan vitamin B2 pada buah naga dapat membantu mengeluarkan racun logam dalam tubuh yang salah satunya dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya.  Jumlah vitamin C, mineral, dan fitoalbumin  yang tinggi dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Vitamin B1,B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan serat juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2 dari 3 halaman

3. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga memiliki peranan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Zat tersebut dapat melawan radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan masalah seperti kanker.

Nutrisi yang berperan penting ialah fosfornya. Sebagai komponen utama dari memberan sel, tubuh memerlukan fosfor dan fosfolipid untuk membantu mencegah penuaan dini.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, mengonsumsi buah naga sebagai camilan menjadi pilihan yang bijak. Buah naga yang kaya akan serat dan sangat rendah kalori dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan buah lainnya. Selain itu, buah naga mampu meningkatkan metabolism dan mengelola berat badan Anda

5. Meredakan Batuk

Saat batuk melanda, Anda mungkin kebingungan memilih obat yang tepat untuk meredakannya. Bahkan seringkali, batuk tak kunjung sembuh juga meski sudah rutin meminum obat.

Vitamin B3 yang ada dalam kandungan buah naga ternyata mampu meredakan batuk yang membandel. Tetapi, meskipun sudah mengonsumsi buah naga, Anda tetap harus minum obat batuknya, sebab buah naga hanya berfungsi sebagai pereda saja.  

6.  Meredakan Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Sakit tenggorokan dan sariawan biasanya terjadi akibat tubuh kekurangan cairan dan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C, buah naga dijamin efektif meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Selain itu, buahnya yang memiliki daging yang lembut tentu memudahkan Anda untuk mengunyahnya. (Tri Ayu Lutfiani)

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: