Sukses

5 Desain Kabinet agar Dapur Tetap Rapi dan Cantik

Kabinet dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan tapi juga menentukan wajah dapur Anda secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Agar kegiatan memasak Anda lebih nyaman, tentu Anda membutuhkan kabinet dapur yang muat untuk menyimpan seluruh peralatan memasak. Kabinet diharapkan menyediakan cukup ruang untuk menyimpan berbagai alat memasak, peralatan makan, hingga bumbu-bumbu dapur.

Tak hanya melihat fungsinya, dengan memilih desain kabinet yang menarik, kegiatan memasak Anda dan keluarga di rumah menjadi lebih menyenangkan. Dari segi tampilan pun akan mempengaruhi kesan modern pada rumah Anda.

Anda pun tak perlu kesulitan lagi untuk mencari peralatan memasak, karenasemuanya telah tersimpan rapi di dalam dapur. Apabila menginginkan desain dapur modern tanpa melupakan fungsi utama kabinet dapur sesuai dengan kebutuhannya, berikut ini Arsitag membagikan lima inspirasi desain kabinet yang bisa Anda tiru.

1. Kabinet dengan Pintu Geser

Dapur Anda mempunyai luas yang terbatas? Cobalah menggunakan kabinet dengan pintu geser untuk menyiasatinya. Kabinet dapur dengan bukaan geser cocok digunakan untuk dapur yang bergaya minimalis.

Desain pintu geser sangat praktis, sehingga tidak membutuhkan luas ruangan lebih untuk membuka pintu kabinet. Selain itu, penampilan kabinet terlihat lebih ramping dan sederhana, sehingga tidak memakan banyak ruang di dapur Anda.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kabinet Gantung Tanpa Pintu

Ingin menciptakan dapur dengan konsep open kitchen? Anda akan menciptakan kesan dapur yang lebih luas apabila menerapkan kabinet-kabinet gantung yang terbuka.

Kabinet tanpa pintu ini akan memberikan kesan yang lebih lapang pada dapur. Desain kabinet tanpa pintu atau yang biasa disebut “kabinet melayang” ini akan memudahkan Anda ketika mencari barang saat memerlukannya.

Selain itu, desainnya mempersilakan Anda untuk memajang berbagai koleksi seperti piring, gelas, ataupun koleksi buku memasak. Peralatan masak atau makan yang disusun dengan rapi akan menjadi elemen dekorasi yang mempercantik dapur, lho.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Kabinet Tanpa Pegangan

Desain kabinet tanpa pegangan pintu seperti yang satu ini sangat cocok digunakan pada ruang dapur bergaya minimalis dan modern. Tanpa adanya pegangan pintu, kabinet dapur terasa lebih ringkas dan elegan.

Walaupun tanpa pegangan, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan dalam membuka kabinet saat mencari peralatan memasak. Sebagai penggantinya, terdapat lubang atau cekungan di bagian bawah pintu yang berguna untuk membuka pintu lemari dengan mudah.

4 dari 5 halaman

4. Kabinet Pintu Kaca

Trik dapur modern berikutnya adalah menggunakan material kaca. Secara fungsional, memilih material kaca sebagai pintu kabinet akan memudahkan Anda dalam mencari peralatan masak yang dibutuhkan, meskipun pintu tertutup.

Sementara dari segi dekorasi, penggunaan kaca akan membuat tampilankeseluruhan dapur terlihat lebih luas. Sifat kaca mampu menyerap cahaya dari luar dan membuat dapur terkesan lebih luas dan cerah.

Pintu kabinet kaca biasanya dikombinasikan dengan material dari stainless steel atau kayu. Jika Anda ingin menggunakan kabinet kaca, pastikan untuk selalu rajin membersihkannya, karena kaca rawan menjadi buram akibat debu saat jarang dibersihkan.

 

 

5 dari 5 halaman

5. Kabinet Pojok

Sudut ruangan yang berbentuk menyiku biasanya dibiarkan kosong dan tidak dipergunakan untuk apapun. Padahal, Anda bisa lho, memanfaatkan ruang kosong tersebut sebagai ruang penyimpanan ekstra.

Buatlah kabinet, laci, atau rak sudut untuk meletakkan berbagai peralatan dapur. Kabinet pojok ini dapat memaksimalkan penggunaan ruang bagi Anda yang mempunyai luas dapur terbatas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.