Sukses

Arfa Marqia, Penyanyi Muda yang Ingin Jadi Prajurit TNI

Arfa Marqia sempat menunjukkan kemampuan menyanyinya di hadapan Jusuf Kalla dan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Usia Arfa Marqia baru 12 tahun, tapi ia sudah memiliki beragam prestasi dalam dunia tarik suara. Penyanyi belia ini sempat meraih juara 3 Lomba Nyanyi Solo Tingkat SD se-Bekasi Barat dan juara Favorit 3 Kategori Anak Singing Competition Aeon Mall Jakarta Garden City “Ramadhan Fest 2019”.

Berbagai prestasi di dunia musik yang diraih gadis yang masih duduk di kelas 1 SMP Muhammadiyah 50 Jakarta Timur ini tak lepas dari peran sang ayah, Ade Danhur.  Ia selalu menanamkan rasa percaya diri pada putrinya itu agar Zhaza, begitu Arfa Marqia biasa disapa, berani tampil di mana saja. 

Tak tanggung-tanggung, sang ayah pernah mendaulat putrinya itu untuk bernyanyi di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla ketika sedang berlibur di Istana Cipanas pada 2018 lalu.

Bagi Zhaza, peristiwa itu menjadi pengalaman sangat berkesan dan berharga. "Rasanya campur aduk antara grogi dan senang bisa menyanyi di hadapan Wapres JK," kenang Zhaza, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 27 November 2019.

Ade Danhur mengakui bakat menyanyi yang dimiliki Zhaza mulai nampak sejak usia 4 tahun. Dalam berbagai kesempatan, anak nomor dua dari dua bersaudara tersebut selalu bersenandung, menyanyi dan menyanyi.

Karena itu, tak sulit baginya untuk mengajarkan lagu pada Zhaza, meski saat itu usianya masih sangat belia. "Awalnya belajar dari YouTube dan channel  lainnya. Alhamdulillah, bakatnya makin terasah dan makin nampak nyata," kata Ade Danhur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Jadi Prajurit TNI

Atas dasar itulah, Ade Danhur kemudian mendaftarkan Zhaza pada satu lembaga kursus menyanyi. Ia ingin bakat anak bisa tergali secara optimal

Hasilnya, sejak usia sembilan tahun Zhaza mulai mengukir prestasi gemilang pada bidang menyanyi yakni dengan diraihnya juara 3 Lomba Menyanyi Solo se-Bekasi Barat pada 2016. Kompetisi tersebut kemudian menjadi titik awal keberanian Zhaza untuk tampil di hadapan publik.

Tak sekadar menyanyi, Zhaza juga tergolong mahir memainkan alat musik, yakni keyboard, gitar, dan okulele. Meski hobi menyanyi dan memiliki sederetan prestasi dalam bidang tarik suara, tapi gadis berhijab ini berkeinginan menjadi prajurit TNI. Bagi Zhaza, menjadi TNI terlihat gagah, kuat, dan keren.

Untuk dapat menikmati suara merdu Zhaza, dapat membuka channel YouTube Arfa Marqia.  Di channel tersebut ia banyak mengcover yang sedang tren, seperti menirukan suara Nissa Sabyan, seorang penyanyi bergenre gambus sangat popular. Melalui lagu Nissa Sabyan dan lagu lagu pop sahabat cilik. Ia menyanyikan semua lagu tersebut  mirip dengan penyanyi profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.