Sukses

Rumah Masa Kecil BJ Habibie di Parepare Akan Dijadikan Museum

Rumah kelahiran BJ Habibie itu berada tak jauh dari Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Pria kelahira Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini tutup usia di RSPAD, Jakarta pada Rabu, 11 September 2019 malam.

Kepergiannya meninggalkan duka mendalam serta banyak kenangan bagi banyak orang, termasuk masyarakatt Parepare. Untuk itu, Wali Kota Parepare, M Taufan Pawe berencana akan meyulap rumah tempat kelahiran Habibie yang terletak di Pusat Kota Parepare, menjadi Museum BJ Habibie.

"Ini adalah tempat yang kita akan jadikan museum satu satunya di dunia karena saya pernah menyampaikan kepada beliau (BJ Habibie) dan dia menantang saya dengan mengatakan 'saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum di rumah kelahiran saya'," ucap Taufan, dilansir dari Antara, Kamis, 12 September 2019.

Taufan mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie saat berkunjung ke Kota Parepare pada 2017. Saat itu ia mengemukakan rencana pembangunan museum yang letaknya tidak jauh dari lokasi "Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun' di kota tersebut.

Rencana itu juga sudah mendapatkan dukungan positif dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Wali Kota Parepare menjelaskan sebelumnya rumah tempat kelahiran BJ Habibie ini telah menjadi aset Kementerian BUMN, yang dimanfaatkan PT BNI 46.

Namun setelah ada pembicaraan Habibie bersama Taufan dengan pihak PT BNI, rumah tersebut dialihkan sebagai aset daerah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Aset Daerah

"Jadi saya bersama Bapak Habibie dan pihak BNI sudah bertemu, dan Alhamdulillah rumah beliau itu telah menjadi aset daerah sekarang, sehingga Insya Allah tahun 2020 kita mulai membangun museum tersebut," ungkap Tuafan.

Selain museum tersebut, pemerintah Kota Parepare juga berencana akan membangun Taman BJ Habibie yang bertujuan untuk menjadikan tokoh Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto itu sebagai edukasi dan inspirasi.

Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal Habibie lahir di Kota Parepare dari paasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan Tuti Marini Puspowardojo.

BJ Habibie yang memiliki tujuh bersaudara menikahi Hasri Ainun Besari yang melahirkan dua orang putra, yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.