Sukses

Tips Jadi Orang Sukses dari BJ Habibie

BJ Habibie dikenal sangat cerdas. Ia pun tak keberatan berbagi ilmu tentang bagaimana bisa meraih kesuksesan dalam hidup

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Ia wafat pada Rabu, 11 September 2019, pukul 18.05 di usia 83 tahun.

Siapa yang tak kenal Habibie. Ia dikenal sangat cerdas, bahkan kecerdasannya diakui dunia internasional. Ia pun tak keberatan berbagi ilmu tentang bagaimana bisa meraih kesuksesan dalam hidup.

Dilansir dari Antara dan Fimela, Senin (23/7/2018), Habibie sempat membeberkan rahasia menjadi pintar. Menurut ayah dua anak ini, rahasia menjadi orang pintar versinya adalah dengan selalu berserah diri kepada Tuhan dan menggantungkan cita-cita setinggi langit.

"Saya tidak pernah bermimpi karena kalau mimpi biasanya ya cuma berakhir jadi mimpi-mimpi aja. Saya lebih memilih bercita-cita," tukas Habibie.

"Saya dari lahir, cuma butuh tidur empat jam, selebihnya yang 20 jam, pancaindera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya. Mungkin karena pancaindera saya sangat aktif itulah saat kecil saya sudah mulai bertanya-tanya dan kalau tidak bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan, saya menangis," sambungnya.

Lalu, bagaimana supaya anak-anak Indonesia bisa meraih cita-citanya? Habibie mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dilakukan anak Indonesia supaya apa yang dicita-citakan tidak hanya menjadi sekadar mimpi yang tidak bakal kesampaian.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasa Ingin Tahu yang Besar

Menurutnya, yang pertama harus sehat. Sehat itu cukup gizinya, makanannya ada karbohidrat, protein, ada banyak sayur dan yang paling penting banyak minum air putih.

"Banyak minum air itu penting. Sebab manusia terdiri dari air. Saya dari bayi sampai umur sekarang ini tidak pernah malas minum air," terangnya.

Seorang BJ Habibie tentu tidak pintar begitu saja, keingintahuannya yang besar membuatnya hobi membaca buku, dari buku-buku itulah dia belajar banyak hal.

Selain kesehatan, faktor pendidikan dan pembudayaan penting untuk membuat kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik. Tapi, menurutnya tidak hanya sekadar bisa membaca, menulis atau berhitung, setiap orang yang ingin sukses harus memiliki pengetahuan agama, sosial, dan budaya.

"Pembudayaan itu pengaruh dari agamanya dan budayanya. Bagaimana dia menghadapi masyarakat, mendapatkan informasi terbaru tentang dunia. Itu semua harus ada dari mulai sedini mungkin dari masih anak-anak," pungkas BJ Habibie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.