Sukses

5 Tips Memilih Kotak Makan yang Aman dari Bahaya

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan gerakan ramah lingkungan, kotak makan yang bisa dipakai berulang makin banyak digunakan. Tapi, tak semua kotak makan yang dijual di pasaran aman untuk dipakai sebagai tempat penyimpanan bahan makanan.

Banyak pula kotak makan yang dijual, mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga di rumah. Maka itu, Anda harus lebih teliti dalam membeli kotak makanan.

Ada lima tips yang bisa diikuti seperti dirangkum oleh Dekoruma. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Penutup Kedap Udara

Wadah apapun yang ditutup rapat akan menjauhkan isinya dari bakteri. Begitu pula dengan kotak makanan. Penutup juga melindungi makanan dari kebocoran di dalam kulkas dan mencegah terjadinya oksidasi sehingga kesegaran makanan tetap terjaga.

Pilih Kotak Makan dengan Plastik Berkualitas

Harganya yang murah serta berdaya tahan baik membuat kotak makanan plastik menjadi primadona semua orang. Namun, beberapa kotak makanan plastik mengandung bahan kimia berupa BPA.

Apabila makanan terkontaminasi BPA dalam jumlah banyak dan sudah dikonsumsi Anda, sel kanker akan terpicu untuk tumbuh dalam tubuh. Maka itu, pastikan kotak makan plastik yang Anda beli bebas dari BPA.

 

 

2 dari 3 halaman

Kotak Makan Kaca untuk Makanan Berminyak dan Berbau

Meski menjadi favorit semua orang, kotak makanan plastik tidak bisa menampung semua jenis makanan. Bahan makanan berminyak dan berbau bisa meninggalkan noda dan bau yang sulit dibersihkan apabila disimpan dalam kotak makanan berbahan plastik.

Penggunaan kotak makan kaca cocok untuk menyimpan bahan makanan seperti ini. Kaca memiliki permukaan yang lebih mudah dibersihkan. Selain itu, kotak makanan kaca juga aman digunakan di dalam oven atau microwave.

Kotak Makanan Bersekat

Kotak makan seperti ini bermanfaat untuk menyimpan beberapa bahan makanan mentah dan juga bisa digunakan untuk wadah bekal untuk si kecil. Penggunaan kotak makanan seperti ini bisa menjadi solusi untuk menghemat rak penyimpanan atau kulkas karena tidak dibutuhkan kotak makanan yang banyak.

Perhatikan Sertifikat Food Grade

Kotak makanan yang dipilih juga harus memiliki sertifikat food grade. Pada umumnya, ada kode yang terletak di bawah kotak makanan yang menandakan tingkat keamanan material dasarnya. Sebagai contoh, kode 3 dan 7 menandakan adanya BPA dan phthalete dalam material kotak makanan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading