Sukses

5 Aktivitas Sederhana yang Ternyata Bisa Latih Otak Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja otak akan bekerja lebih baik jika dilatih dan diasah terus-menerus. Bukan hanya tubuh yang perlu dilatih setiap hari agar sehat dan tetap bugar.

Ternyata, tak butuh hal-hal rumit jika ingin melatih otak tetap berfungsi dengan baik. Lalu, apa hal sederhana yang bisa membuat otak bisa bekerja dengan baik?

Dirangkum dari Fimela.com, berikut aktivitas sederhana yang membuat otak sehat.

Melakukan Hal Baru

Melakukan hal-hal baru akan ada respons atau stimulasi positif di otak terhadap tubuh, terutama yang melibatkan pancaindera yang membuat sel-sel lebih kuat dan resisten terhadap penuaan dini.

Pemanasan Pagi Hari

Meregangkan otot pagi hari ditambah dengan latihan pernapasan setelah bangun tidur mampu membuat otak aktif, sebelum memulai aktivitas. Asupan oksigen yang banyak di pagi hari akan membuat otak lebih segar dan merespons dengan lebih cepat.

 

2 dari 3 halaman

Menyikat Gigi dengan Tangan Tak Dominan

Penelitian menemukan bahwa menyikat gigi dengan sisi berlawanan menghasilkan ekspansi cepat dan substansial pada korteks yang bertugas mengontrol dan memproses informasi melalui sentuhan tangan.

Mandi dengan Mata Tertutup

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata mandi dengan menutup mata mampu memberi tantangan tersendiri untuk otak. Tanpa indera penglihatan, otak harus bekerja lebih keras mengenali tekstur dan mengingat benda-benda di sekitarnya dan menggunakan dengan baik.

Membaca atau Mewarnai

Baca buku apapun yang Anda suka, bahkan jika itu komik atau sekedar koran atau majalah. pengalaman membaca dari buku berbeda dengan memca artikel di internet. Saat ini juga banyak buku mewarnai dewasa yang bisa melatih kreativitas otak. Sedehana, kan? (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ari Lasso Jadi Bintang Tamu Roadshow Karaoke
Artikel Selanjutnya
5 Menu Sarapan Nasi Paling Populer di Indonesia