Sukses

6 Manfaat Air Mawar yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda

Air mawar kini banyak digunakan untuk produk kecantikan. Apa saja manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Bunga mawar melambangkan cinta, kasih sayang, ketulusan, serta kebahagiaan. Tak hanya digunakan untuk mengungkapkan isi hati, mawar pun digunakan di dalam dunia kecantikan.

Kelopak bunga mawar dijadikan produk air mawar. Ekstrak mawar bisa dijadikan parfum, toner, minyak, bahkan teh. Bukan sekedar wangi, air mawar ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut Liputan6.com rangkum 6 manfaat air mawar seperti melansir dari Health Line, Sabtu, 20 April 2019.

1. Meredakan Iritasi Kulit

Salah satu manfaat terbesar dari air mawar ialah sifat anti-inflamasi yang kuat. Alhasil, air mawar dapat membantu mengobati penyakit dalam maupun luar seperti iritasi kulit yang ringan maupun parah.

2. Anti Penuaan

Bila Anda memiliki banyak kerutan wajah, air mawar bisa jadi jawaban untuk membantu menguranginya. Sifat anti-aging yang terkandung dalam air mawar bisa membuat Anda terkejut bila menggunakannya secara teratur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menyembuhkan Sakit Kepala

Saat sakit kepala melanda, jangan langsung minum obat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa uap dari air mawar bisa mengurangi sakit kepala. Air mawar atau minyak esens mawar yang biasa dijadikan aromaterapi bisa membantu menyembuhkan sakit kepala Anda.

4. Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Air mawar sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Tidak heran sejak dulu sudah dipercaya untuk mengurangi permasalahan wajah seperti kemerahan pada kulit. Sifat air mawar yang antibakteri bisa pula mengurangi jerawat dan wajah bengkak.

5. Antioksidan

Mawar mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi sel dari kerusakan. Fungsi antioksidan seperti menetralkan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi garis halus dan kerutan, mengurangi bintik hitam, serta mengurangi jerawat.

6. Menyembuhkan Luka

Air mawar ternyata dapat menyembuhkan luka seperti luka bakar maupun menghilangkan bekasnya. Sifat antiseptik dan antibakteri yang terkandung membantu penyembuhan luka lebih cepat. Air mawar membantu membersihkan serta melawan infeksi luka. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.