Sukses

Sambut Ramadan, RICMA Buka Program Donasi Berbagi 1.440 Alat Salat

Meski Ramadan baru akan disambut tiga minggu lalu, gaungnya sudah dibunyikan dari beberapa waktu sebelumnya. Salah satunya adalah lewat program donasi Berbagi 1.440 Alat Salat.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan masih tiga minggu lagi, tetapi gemanya sudah digaungkan di sejumlah tempat. Kegiatan seru dan menarik untuk mengisi bulan yang penuh berkah itu sudah dirancang oleh beberapa remaja masjid, termasuk RICMA.

RICMA merupakan sebuah organisasi Remaja Masjid binaan Yayasan Masjid Cut Meutia yang berlokasi di Jalan Taman Cut Meutia 1, Jakarta Pusat. Mereka menyiapkan sejumlah acara menarik sebagai ladang amal sejak sebelum Ramadan tiba.

Salah satunya menggalang donasi Berbagi 1.440 Alat Salat dengan menggandeng Kitabisa.com. Penggalangan donasi itu dimulai sejak 1 Februari 2019 dengan target Rp 50 juta. Liputan6.com menelusuri ke laman Kitabisa.com, donasi yang terkumpul baru menyentuh Rp 6 juta yang akan berakhir pada 2 Mei 2019.

"Berbagi 1440 alat salat ini dilakukan di musala-musala yang masih membutuhkan perhatian lebih, terutama tentang alat sholatnya. Daftar musala ini sudah di-list oleh tim Ibadahku Ibadahmu," tutur Ketua RICMA Muhammad Husein kepada Liputan6.com, Selasa, 9 April 2019.

Sejauh ini, sekitar 200 lokasi musala menjadi target pembagian alat salat. Jumlah itu masih bisa berubah tergantung donasi yang terkumpul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya Alat Salat

Husein mengatakan, jumlah alat salat yang dikumpulkan sengaja digenapkan 1.440 buah. Hal itu merujuk pada tahun Hijriyah saat ini. Donasi tersebut masuk dalam acara besar Gema Ramadhan.

Gema Ramadhan memiliki tujuh rangkaian acara yang didominasi isu kepedulian sosial. Salah satu kegiatannya adalah RICMA FAIR. Selain itu, ada pula diskusi lintas agama, edu trip yang mengajak anak-anak sekolah untuk belajar melalui konten digital, Ramadan Art Festival, RICMA Camp, Ibadahku Ibadahmu, dan puncaknya Itikaf. 

Dalam RICMA FAIR digelar bazar baju baju bekas layak pakai pada 24 Mei 2019. Nantinya, hasil penjualan yang terkumpul akan dibelikan seperangkat alat salat dan dibagikan di setiap musala-musala yang ada di Jakarta. 

Tentu, agenda rutin saat Ramadan, seperti membagikan takjil, berbuka puasa bersama, tarawih, dan tadarus Alquran tak akan ditinggalkan. "RICMA memiliki dua rangkaian acara besar yang pertama itu Gema Ramadhan dan Ramadhan Jazz Festival," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Ramadan Jazz Festival

Ramadan Jazz Festival akan kembali digelar ke sembilan kalinya. Kegiatan yang menampilkan sederet musisi jazz itu akan menggelar penggalangan dana untuk teman-teman disabilitas.

Uang yang terkumpul dari hasil donasi acara Ramadhan Jazz Festival akan sepenuhnya didonasikan kepada teman-teman disabilitas. Donasi bisa diberikan saat kegiatan berlangsung.

Husein berharap dengan adanya rangkaian acara rutin dari RICMA ini, remaja masih tetap berkarya tanpa mengesampingkan dakwahnya. (Riyandhiani Kartika Dewi)

Saksikan video pilihan dibawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.