Sukses

Kostum Nasional dengan Inovasi Unik ala Puteri Indonesia 2019, Mana Favoritmu?

Ada yang memakai mahkota perahu, ada yang tampil dengan tumbuhan. Siapa yang penampilannya paling unik?

Liputan6.com, Jakarta - Peragaan kostum nasional juga menjadi bagian dari rangkaian karantina finalis Puteri Indonesia 2019. Acara peragaannya yang dilanjutkan dengan Malam Seni dan Budaya berlangsung di Gandaria City, Jakarta Selatan, Senin, 4 Maret 2019. 

Acara ini tidak hanya menghadirkan keindahan kostum nasional dengan inovasi unik, tapi juga bisa membangkitkan rasa cinta produk dalam negeri. Selain itu, tiga nominasi Puteri Indonesia Busana Daerah terbaik juga dipilih melalui ajang ini. Pemenangnya akan diumumkan di malam penghargaan Puteri Indonesia 2019 pada Kamis, 8 Maret 2019.

Meskipun peraih nominasinya sudah ditentukan, tak ada salahnya melirik beberapa kostum tradisional dengan modifikasi unik yang dirangkum dari akun Instagram resmi @officialputeriindonesia. Liputan6.com memilih enam finalis Puteri Indonesia dengan busana terunik di peragaan tersebut.

1. Kalimantan Selatan

Pakaian tradisional serba kuning yang dipakai Fatmathalia Ranti didesain dengan unik. Bagian luar pakaiannya dibuat seperti kuncup bunga yang dibuka di ujung catwalk. Gadis yang akrab disapa Thalia ini juga menambahkan dekorasi etnik di bagian bahu dan pinggangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sulawesi Utara

Jolene tampil layaknya pejuang dari Toraja dengan senjata tradisional yang dipegangnya. Sayap rumbai berwarna hitam terlihat dijahit dengan pakaian adat yang dipakainya. Selain itu, high-heels yang digunakan pun diinovasi dengan hiasan khas Manado.

 

3. Sulawesi Barat

Kostum bernuansa kotak-kotak ini ditampilkan dengan maksimal oleh Iin. Pasalnya, Iin juga mengenakan mahkota perahu Sandeq dengan nuansa yang sama. Wanita berusia 24 tahun ini juga membawa dayung yang menambah kesan seorang pelaut pada dirinya.

3 dari 3 halaman

4. Banten

Finalis asal Banten Anastasia Praditha tampil dengan hiasan bulan sabit di belakangnya. Pakaian yang bernuansa emas tersebut dilengkapi dengan mahkota dan sepasang gelang di tangannya.

5. Papua

Elsa Kaize, finalis yang mewakili Papua, tampil dengan beberapa helai daun yang menghiasi gaunnya. Daun-daun tersebut juga dipasang sebagai hiasan kepalanya. Ujung gaunnya pun dibuat meruncing layaknya daun.

6. Kalimantan Tengah

Bukan hanya Papua, Kalimantan Tengah pun tampil memukau dengan tanaman. Selain menunjukkan keindahan pakaian tradisionalnya, Vero juga tampil dengan pohon dan burung yang menjadi aksesorinya. Dokter muda berusia 25 tahun ini juga menampilkan atraksi memukau yang menggunakan api. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.