Sukses

Makanan Unik di Indonesia ini Bentuknya Aneh, Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta Makanan adalah salah satu sumber pokok bagi manusia. Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidup. Makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia dapat berasal dari berbagai macam bahan. Makanan diolah dengan berbagai cara agar makanan tersebut layak untuk dikonsumsi.

Namun banyak makanan yang menggunakan bahan-bahan unik atau bahan yang terdengar aneh bagi kebanyakan masyarakat awam. Tak hanya dari bahan yang digunakan, makanan tersebut juga disajikan dengan bentuk yang tak biasa sehingga menciptakan makanan unik.

Lazimnya makanan unik sengaja diciptakan untuk menarik minat pelanggan. Saat ini beragam makanan unik bisa dijumpai di banyak tempat di Indonesia, mulai dari kota-kota besar hingga pelosok desa.

Memiliki keragaman budaya, tak heran jika setiap daerah di Indonesia memiliki makanan unik yang hanya ada di daerah tersebut. Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019) berikut beberapa makanan unik yang ada di Indonesia yang bisa membuatmu penasaran untuk mencicipinya.

2 dari 3 halaman

Beberapa makanan unik dilihat dari bentuknya

1. Nasi kare di Karei-Ya Fusion

Makanan unik dapat kamu temukan di restoran Karei-Ya Fusion. Makanan unik ini adalah nasi kare yang memiliki bentuk seperti tokoh Harley Quinn dalam film Suicide Squad. Dari bentuk tatanan nasi di piringnya hingga rambut yang dihias menggunakan suwiran telur. Tak hanya tokoh Harley Quinn, ada tokoh lainnya yang ditawarkan di restoran tersebut.

2. Biskuit sabun

Biskuit adalah salah satu makanan ringan yang sering menjadi cemilan banyak orang. Namun bagaimana kalau biskuitnya berbentuk seperti sabun? Makanan unik ini ada di Jakarta. Bentuk biskuitnya seperti sabun dan ada busa juga di biscuit tersebut. Tak hanya sabun, makanan unik lainnya yang disediakan di kafe Namaz Dining ini seperti peralatan rumah tangga, lisptik, bedak bayi dan lain-lain.

3. Martabak hitam

Selain burger hitam, ada juga makanan unik yaitu martabak item (hitam). Martabak item ini bisa kamu temui kota Bandung. Martabak item ini biasanya berisi berbagai pilihan seperti keju, coklat, kacang, cookies dan cream. Warna hitam pada martabak tersebut, dibuat dari bahan coklat.

4. Bakpao berbentuk hewan lucu

Salah satu tempat di kawasan Jakarta memiliki makanan unik yang dijual kepada masayarakat. Kafe ini menjual bakpao coklat dengan bentuk yang lucu dan unik. Bakpao itu memiliki bentuk seperti landak kecil yang lucu. Kamu bisa menemui makanan unik in di kafe Paradise Dynasty, Jakarta Barat.

3 dari 3 halaman

Makanan – makanan unik dilihat dari bahan dan pengolahannya

5. Rambutan goreng

Buah yang biasanya dapat digoreng adalah pisang, namun ada buah lain yang bisa digoreng. Yaitu rambutan. Makanan unik rambutan goreng ini digoreng setelah dilumuri oleh tepung terigu, garam, air, vanili dan telur.

6. Tempe renyah dengan balutan coklat

Makanan unik ini bisa kau jumpai di Malang. Tempe coklat ini diproduksi oleh toko de konco, Malang sebuah industry rumahan. Jika biasanya tempe sebagai lauk saat makan, kali ini tempe tersebut diolah sebagai camilan. Camilan tempe tersebut dicampur dengan coklat yang memiliki rasa manis. Renyahnya tempe dipadukan dengan balutan coklat membuat rasa makanan unik satu ini sudah menyebar hingga Surabaya, Banjarmasin, Medan dan Semarang.

7. Keripik dari kulit semangka

Jika biasanya setelah memakan semangka, kulit semangka akan dibuang. Namun ada makanan unik yang terbuat dari kulit-kulit semangka tersebut. Di Malang, ada keripik yang terbuat dari kulit semangka. Sama seperti membuat keripik lainnya, kulit semangka tersebut digoreng dalam suhu 50-60 derajat setelah dimasukkan kedalam kulkas selama 15 menit.

8. Minuman infus

Tak hanya makanan unik, di Indonesia juga memiliki minuman unik. Salah satunya adalah minuman infus. Disebut dengan minuman infus karena minuman tersebut menggunakan wadah kantong infus. Minuman ini berisi minuman dari olahan buah dan susu yang menyegarkan tenggorokan. Tampilan minuman infus ini menarik karena ada yang berwarna merah menyerupai darah dalam kantong infus.

Tak hanya ada di Indonesia, di berbagai negara juga memiliki makanan unik. Baik dari bentuk penyajiannya mauoun dari bahan olahan yang digunakan dalam makanan tersebut. Ada yang menyajikan dengan unik dan sedikit terlihat rumit saat akan memakannya.

Ada yang menyajikan coklat putih dengan sandal jepit sebagai alasnya, menyajikan salad dengan kaleng bekas serta menyajikan makanan dengan menggunakan toolbox atau kotak peralatan tukang dan masih banyak lagi.

Makanan unik diciptakan oleh orang-orang yang memiliki ide kreatif atau memang telah menjadi budaya adat di daerah tersebut. Demikian beberapa makanan unik di Indonesia dilihat dari bahan pembuatannya hingga bentuknya yang membuat penasaran banyak orang. Tak hanya di Indonesia, di beberapa negara lain pun memiliki makanan unik yang bisa kamu coba saat mengunjungi ke negara tersebut.

Kuliner Malam - Makan Murah Meriah di Gultik Mas Tondo
Loading
Artikel Selanjutnya
Terinspirasi Mahluk Mistis, Begini Wujud Ramen Glow In The Dark Pertama di Dunia
Artikel Selanjutnya
Top 3: Deretan Tingkah Usil yang Bikin Jengkel