Sukses

8 Aktivitas untuk Usir Rasa Bosan Sepanjang Perjalanan di Tol Trans Jawa

Liputan6.com, Jakarta Tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya sejak akhir tahun lalu memicu euforia masyarakat untuk memanfaatkan jalur ini. Bagaimana tidak menarik menjajal jalan tol trans jawa, semula Jakarta – Surabaya bisa menghabiskan waktu 18-20 jam perjalanan, kini bisa dipangkas setengah waktu hingga sekitar 10 jam saja. Begitu juga ketika dari Jakarta menuju Semarang yang cukup ditempuh dengan waktu sekitar 5-6 jam saja.

Meskipun waktu perjalanan bisa dipangkas, rasa bosan tetap saja masih bisa muncul sepanjang perjalanan di tol trans jawa. Apalagi misalnya di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek yang sering mengalami kemacetan. Kemudian memasuki tol cipali, pemandangan yang dapat dilihat hanya persawahan. Begitu selanjutnya hingga baru bisa menemukan pemandangan menarik ketika di kawasan jalan tol Bawean yang jaraknya masih ratusan kilo dari kota Jakarta.

Jadi, untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan di jalan tol Trans Jawa, kamu bisa lakukan 8 kegiatan ini.

1.       Putar Musik dari ponsel atau audio mobil

Kegiatan pertama dan paling popular dilakukan banyak orang adalah mendengarkan musik. Putar lagu-lagu kesukaan kamu dari ponsel, atau kalau tidak ingin menggunakan headset kamu bisa hubungkan dengan audio mobil. Manfaatkan fasilitas sound system mobil kamu untuk mendengarkan musik yang lebih asyik. Selain itu, kamu juga bisa memutar radio untuk mendengarkan siaran-siaran di daerah yang kamu lalui sepanjang perjalanan.

2.       Menonton Film

Aktivitas ini selalu sukses untuk mengusir rasa bosan. Menonton film yang memiliki durasi 2 jam tentu membuat perjalanan jadi tidak terasa. Kalau mau menonton film dari ponsel, pasti kamu download terlebih dahulu supaya tak alami gangguan dan menguras kuota. Semakin mudah dan menyenangkan, kalau mobil kamu sudah dilengkapi dengan layar mini untuk menonton film.

3.       Aktif di Instagram

Berselancar di dunia maya dengan main instagram jadi aktivitas yang ampuh untuk mengusir rasa bosan. Bahkan sebelum rasa bosan itu muncul kita sudah sibuk bermain instagram. Kalau ada berita dan isu menarik, bisa berjam-jam main instagram dan tak sadar tiba-tiba sudah sampai tujuan. Aktif bermain instagram juga mendorong kita untuk aktif membaca sehingga baik juga untuk menambah pengetahuan.

4.       Main Game di Smartphone

Ini dia salah satu cara yang paling mengasikkan saat menghabiskan waktu selama perjalanan. Berbagai permainan seru mungkin tersimpan dalam smartphone, tablet, notebook, atau jenis gadget lainnya. Begitu serunya hingga kamu bisa tidak menyadari telah melewati banyak waktu. Tak hanya disukai anak-anak, main game di gadget juga jadi kegemaran orang-orang dewasa.

5.       Makan dan Minum

Sebelum berangkat pastikan kamu sudah membawa bekal makanan dan minuman. Supaya selama perjalanan tidak merasa lapar maupun kehausan. Nikmati makanan kamu sambil mendengarkan musik, menonton dan bermain game. Kalau perut sudah kenyang pasti rasa bosan dan jenuh selama perjalanan bisa hilang.

6.       Mengobrol

Selama perjalanan jangan sibuk sendiri dengan mendengarkan musik, main game dan gadgetan terus-terusan, kamu juga perlu mengobrol dengan keluarga dan rekan seperjalanan. Biasanya kaum wanita yang begitu senang dengan kegiatan yang satu ini hingga lupa waktu. Para pria juga kalau sudah ngobrol enak bisa berlama-lama juga.

7.       Tidur

Rasa bosan bercampur lelah, sudah pasti aktivitas yang paling pas dilakukan adalah tidur. Jadi, kalau sudah tahu perjalanan panjang kamu bisa siapkan bantal dan alat penutup mata supaya bisa nyaman dan enak tidur. Kenyamanan menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh. Anda perlu duduk senyaman mungkin di dalam mobil agar tetap fit dan segar sampai di tempat tujuan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merasa nyaman di dalam perjalanan adalah duduk di jok model captain seat. Kursi ini mampu memberikan kenyamanan ekstra karena jok model Captain seat ini hanya diperuntukan untuk satu orang penumpang dan memiliki busa yang lebih empuk. Kursi jenis ini memiliki arm rest dan tambahan bantalan untuk kepala. Umumnya kursi jenis captain seat tersedia di mobil-mobil premium keluarga.

Saat ini, fasilitas tersebut dapat ditemukan pada mobil van komersial. Bukan modifikasi semata, melainkan sudah tersedia pada lini produk Toyota. Toyota Hiace Luxury dilengkapi dengan jok model captain seat, kursi ini terletak di row ke-dua atau ke-tiga dari Hiace Luxury.

Kenyamanannya pun tak perlu diragukan. Captain seat dalam Toyota Hiace Luxury terbuat dari kulit ottoman yang lembut dan empuk. Lebih nyamannya lagi, bagian kakinya bisa diangkat dan sandarannya dapat direbahkan ke belakang. Anda pun bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan.

8.       Keluar dari Mobil

Tak bisa dipungkiri kalau terlalu lama di dalam mobil pasti rasa bosan itu muncul juga. Kalau sudah begini, cara lain yang perlu kamu lakukan adalah beristirahat di rest area maupun restoran yang kamu temui. Keluar sejenak dari mobil untuk sekedar mencari angin, makan maupun pergi ke toilet sangat penting. Tak hanya bagi penumpang, pengemudi juga sangat membutuhkannya.

 

 

(Adv)