Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

6 Tempat Cetak Foto Analog yang Masih Bertahan hingga Kini

Liputan6.com, Jakarta - Trend cetak foto analog rupanya belum sirna, meski era digital makin berkembang. Banyak orang yang masih bertahan menggunakan foto dengan kamera analog.

Salah satu alasannya, karena masyarakat masih banyak yang merindukan sensasi mencetak foto dengan film. Meski prosesnya lama, tak menghalangi kecintaan mereka terhadap kamera analog

Hingga saat ini masih banyak tempat untuk mencetak foto analog di Indonesia, baik di Jakarta maupun di daerah. Berikut 6 tempat untuk cetak foto analog.

Soup N Film

Tempat cuci cetak film ini didirikan oleh penyanyi Tompi bersama empat temannya, yaitu Jerry Surya, Perry Margono, dan Erwin Kindangen. Lokasinya berada di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tompi membuka  Soup N Film karena banyak orang yang merasa kesulitan untuk mencetak foto analog.

Hipercat Lab

Selain di Jakarta, tempat cuci cetak foto analog juga terdapat di Bandung, Jawa Barat. Tempat ini masih ramai dikunjungi masyarakat, termasuk generasi milenial. Menjual berbagai alat untuk cetak analog, toko tersebut tidak pernah sepi pembeli.

(Lab) Rana Jakarta

Tempat ini beralamat di Kemang Raya, Jakarta Selatan. Selain melayani jasa cetak foto analog, tempat ini juga menjual film dengan ukuran 35 mm. Berdasarkan akun Instagram-nya, proses cetak foto berwarna selama satu jam, sedangkan untuk cetak Hitam Putih (B&W) sekitar 1 sampai 2 minggu.

2 dari 2 halaman

Simpati Foto

Toko yang sudah didirikan sejak 1977 ini membuka jasa untuk mencetak foto menggunakan rol (klise). Toko ini berlokasi di Palmerah, Jakarta ini buka setiap hari. Di tempat ini juga tersedia studio foto yang sering digunakan untuk pembuatan pas foto.

Hungry For Film

Selain melayani cetak foto analog. Tempat ini juga menjual  perlengkapan untuk cetak  analog. Berbagai produk rol yang ditawarkan dengan harga Rp. 45.000 – Rp. 155.00. Toko yang beralamat di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Modern Foto

Selain itu, ada juga Modern Photo di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Selain melayani cetak foto digital, tempat ini juga melayani cetak foto analog, cuci scan foto. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading