Sukses

Jenis Tanaman Hias dan Harganya sebagai Pelengkap Desain Interior Rumah di Tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta Di tahun baru, dekorasi rumah pun perlu dan harus baru agar menambah semangat untuk memulai tahun yang baru. Jika di rumah Anda dirasa kurang memiliki dekorasi dengan nuansa alami, tanaman hias bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dekorasi rumah. Apalagi jenis tanaman hias dan harganya saat ini cukup beragam. Sehingga bisa Anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

Tanaman hias tidak melulu Anda tempatkan pada pekarangan atau taman rumah. Penambahan elemen alami seperti tanaman di dalam rumah akan menambah kadar oksigen dan membuat rumah menjadi lebih cantik.

Nuansa hijau di dalam ruangan menjadi daya tarik tersendiri baik bagi pemilik atau pengunjung yang singgah ke rumah Anda. Beberapa waktu lalu, konsep interior dengan menggunakan tanaman dipilih untuk desain interior ruangan di Indonesia sebagai pelengkap dekorasi ruangan. Perhatikan saja pada rumah-rumah kekinian ataupun restoran bahkan kantor di kota besar. Hampir semua dekorasinya menggunakan tanaman hias untuk dijadikan pelengkap desain interior.

Tren menghias rumah dengan tanaman masih akan digunakan pada tahun 2019 ini. Selain teknik menanam, tanaman dengan bentuk dan warna yang unik bakal ramai dicari oleh penggemar tanaman. Sebagai penghias ruangan, tanaman hias memang mampu menyegarkan mata sekaligus membuat udara di dalam ruangan menjadi terasa lebih segar. Tak heran, saat ini di toko interior juga menjual aneka jenis tanaman hias dengan harganya yang bermacam-macam.

Nah, di tahun 2019 ini, juga ada beberapa tanaman hias yang pas banget untuk dijadikan pelengkap desain interior rumah Anda. Berikut ini Liputan6.com, rangkum jenis tanaman hias lengkap dengan harganya yang bisa menjadi referensi untuk rumah Anda, Kamis (10/1/2019).

2 dari 5 halaman

Macam tanaman hias

1. Warna berani

Jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih tidak melulu harus daun berwarna hijau. Tanaman hias dengan warna daun yang unik juga bisa Anda tambahkan di sudut rumah. Tanaman hias dengan daun warna-warni seperti merah, putih atau bahkan kombinasi warna akan terlihat indah jika diletakkan di sebuah ruangan. Jenis tanaman hias seperti Pink Princess Philodendron, daunnya memiliki campuran warna hijau dan pink. Sedangkan tri-Color Oyster Plant (Tradescantia), memiliki warna semu ungu yang ungu dan dramatis.

2. Motif Unik

Tanaman hias dengan motif yang unik juga lucu jika diletakkan di ruangan rumah Anda. Cobalah mulai membudidayakan tanaman-tanaman yang memiliki daun dengan motif-motif yang unik.

3. Tanaman dalam Air

Tanaman hias yang hidup di dalam air akan menjadi penghias ruangan yang menarik perhatian. Tanaman yang umum digunakan sebagai penghias akuarium seperti amazone sword plant (Echinodorus Bleheri atau Amazonicus) atau teratai bisa digunakan sebagai tanaman hias dalam air. Letakkan dalam wadah kaca bening aneka bentuk sebagai pelengkap.

4. Tanaman Buah-buahan

Tanaman jenis ini mungkin identik dengan tanaman luar ruangan, tapi tanaman buah-buahan dengan warna-warni buah yang menggoda akan digemari sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tanaman seperti lemon yang mudah dikembangkan dan cabe aneka warna, bisa dikembangkan untuk tanaman buah dalam ruangan.

3 dari 5 halaman

Jenis tanaman hias dan harganya

Banyak alasan yang menjadikan tanaman sangat penting diikutsertakan ke dalam desain interior Anda. Hijaunya tanaman mampu memberikan kenyamanan dan kesegaran pikiran. Cerahnya warna-warni bunga mampu menceriakan suasana. Oksigen yang dihasilkan pastilah menyehatkan. Bahkan, beberapa jenis tanaman hias bisa menetralkan racun sejenis formaldehida, racun penyebab gangguan pernapasan, masalah neurologis, dan kanker. Selain itu, keberadaan tanaman dalam desain interior bisa menjadi focal point untuk mempercantik ruangan.

Berikut beberapa jenis tanaman hias dan harganya yang bisa Anda pilih untuk menambah kesegaran pada ruangan rumah, untuk pelengkap desain interior rumah Anda.

1. Kaktus Tinggi

Tanaman hias yang menjadi tren untuk di tahun 2019 ini adalah kaktus tinggi. Jika kaktus mini cenderung mudah membusuk, terutama jika Anda mebiarkannya di area yang lembap, maka kaktus tinggi akan lebih awet.

Agar pertumbuhannya tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan pot sebagai media tanamnya. Kelebihannya, kaktus tidak perlu terlalu sering disiram dan akan cantik untuk diletakkan di dalam ruangan yang bernuansa modern.

Jenis tanaman hias ini bisa Anda dapatkan dengan harganya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 750 ribu sesuai dengan tinggi kaktus tersebut. Untuk kaktus koboi tinggi 150cm bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 150 ribu.

4 dari 5 halaman

Tanaman hias yang mudah dirawat

2. Sansevieria

Tanaman hias ini biasa disebut dengan lidah mertua dan sangat mudah dalam merawatnya. Kalaupun Anda lupa untuk memberikan air serta pupuk, tanaman hias ini akan tetap tumbuh dan tidak mengalami perubahan warna pada daunnya. Manfaat dari tanaman hias ini adalah dapat menyerap polusi udara serta aroma tidak sedap, sehingga mampu meciptakan udara yang segar di dalam rumah Anda.

Sansevieria ini bisa Anda dapatkan dengan harganya yang sangat beragam tergantung jenis, bentuk dan ukurannya. Untuk Sansevieria ukuran kecil bisa didapatkan dengan harga Rp 6 ribuan. Sedangkan Sansevieria Pinguicula dibanderol dengan harga Rp 65 ribu. Anda bisa membelinya di banyak tempat termasuk di situs e-commerce.

3. Pisang Hias

Tanaman hias ini cenderung mudah tumbuh. Menaman pisang hias dapat dilakukan sendiri, karena mudah dan tidak ribet. Namun, Anda harus memperhatikan tunas-tunas barunya agar tidak tumbuh berlebihan. Anda dapat memilih pisang hias yang ukurannya lebih kecil, sehingga cantik untuk ditanam di dalam pot. Tanaman hias pisang ini bisa memberikan kesan nuansa tropis di dalam rumah Anda.

Pisang Hias bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan di situs e-commerce.

4. Philodendron

Tanaman hias ini cocok untuk ditanam di dalam ruangan, daunnya yang menyerupai daun talas namun ukurannya lebih kecil dengan lubang-lubang di bagian tengahnya. Philodendron ini tahan berada di ruangan ber-AC, bahkan tetap awet meski minim cahaya matahari.

Philodendron ini bisa Anda dapatkan dengan harganya Rp 15 ribu hingga Rp 150 ribu. Untuk Philodendron Xanadu dibanderol Rp 15 ribu dan Philodendron Martianum dibanderol Rp 150 ribu. Anda dapat menemukan tanaman hias ini disitus online yang menjual aneka tanaman.

5 dari 5 halaman

Tanaman hias indoor dan outdoor

5. Lidah Buaya Mini

Lidah buaya mini ini perawatannya sama dengan kaktus, yaitu hanya perlu menyiramnya seminggu sekali dan membutuhkan banyak sinar matahari. Sehingga akan lebih baik jika diletakkan di dekat jendela.

Tanaman hias ini bisa Anda dapatkan dengan harganya mulai dari Rp 15 ribu hingga jutaan rupiah, tergantuk jenis, bentuk dan ukurannya.

6. Devil's Ivy

Jenis tanaman ini masih masuk ke dalam salah satu keluarga sirih. Devils Ivy merupakan tanaman hias yang merambat, bentuknya memang seperti sirih, tetapi ciri-ciri lainnya adalah memiliki daun yang hijau dengan corak putih di atasnya. Berbeda dengan sirih pada umumnya, Devils Ivy tidak memiliki bau yang menyengat. Selain itu, perawatannya pun tidak sulit dan sangat cepat proses tumbuhnya. Anda dapat meletakkan tanaman hias ini di dalam pot atau dibiarkan merambat pada dapur atau ruang tamu.

Devil's Ivy ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 35 ribu di berbagai situs e-commerce.

7. Bonsai

Pohon Bonsai memang sudah lama popular di kalangan penyuka tanaman hias. Pohon yang satu ini bisa menjadi teman bersantai untuk nonton TV dan juga meluangkan waktu bersam akeluarga. Anda bisa menaruh Bonsai pada ruang tamu bahkan di kamar tidur. Bonsai memiliki ciri dan bentuk yang unik, lebih mirip pohon berukuran kecil.

Harganya memang terbilang mahal, namun hasil yang ditunjukan juga dapat membuat Anda terpesona. Harga jenis tanaman hias Bonsai ini dibanderol mulai dari Rp 50 ribu hingga jutaan ribu rupiah. Untuk Bonsai, Anda bisa menemukannya di toko yang menjual aneka tanaman hias.

Selamat mencoba nuansa baru untuk suasana rumah Anda di tahun yang baru ini.

 

Reporter: Nisa Mutia sari

Niat Hati Payungi Cewek di Jalan, Ending Pria Ini Malah Kocak

Tutup Video