Sukses

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Mudah dan Efektif, Kamu Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Cacar air atau yang memiliki istilah ilmiah Varicella adalah penyakit yang disebabkan karena serangan virus. Penyakit yang bersifat menular ini tak hanya terjadi pada anak-anak, namun juga orang dewasa. Sehingga tak heran jika kamu menemukan bahwa masih ada orang dewasa yang terkena cacar air.

Cacar air diawali dengan gejala menyerupai flu, nyeri otot, dan demam yang diikuti dengan munculnya ruam pada kulit. Ruam ini lama-kelamaan akan berubah menjadi bintil yang sangat gatal dan mudah pecah.

Penggunaan obat untuk cacar air bertujuan untuk mengobati gejala yang menyertai. Namun, bintil yang pecah kerap menyisakan bekas luka yang sulit dihilangkan. Nah, agar bintil akibat cacar air tidak menyisakan bekas luka yang menganggu penampilan, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018).

2 dari 4 halaman

Tips agar cacar tidak meninggalkan bekas

1. Jangan menggaruk bintil

Ruam akibat cacar air memang terasa sangat gatal dan menganggu kenyamanan. Namun sebaiknya kamu tidak menggaruk bintil ini, karena jika pecah dapat menimbulkan luka membekas. Di samping itu, kamu juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang menutup seluruh lapisan kulit dengan baik. Jangan lupa untuk memotong kuku.

2. Mandi dengan air hangat

Keadaan tubuh yang lembab dan tidak bersih dapat meninggalkan risiko infeksi yang lebih besar. Luka yang terinfeksi akan meninggalkan bekas yang lebih sulit untuk dihilangkan. Dengan mandi menggunakan air hangat (suam), tubuh kamu akan terjaga kelembapan dan kebersihannya.

3. Gunakan bahan alami

Meski belum terbukti efektif, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba mengonsumsi bahan alami seperti mengkudu, kacang hijau, temulawak, daun jarak, cendana, ataupun bengkuang.

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang membuat daya tahan tubuh kamu semakin baik. Dengan ini, regenerasi sel di kulit menjadi lebih cepat sehingga proses penyembuhan pun dapat lebih efektif.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Setelah membaca cara mencegah agar cacar tidak menyisakan luka, kamu juga harus tahu nih cara menghilangkannya. Barangkali kamu memiliki bekas cacar air yang terlanjur sudah lama membekas di kulit.

1. Oatmeal

Kamu pasti sudah tahu bahwa oatmeal baik dikonsumsi untuk kesehatan. Namun, selain memberikan manfaat di dalam tubuh, oatmeal juga bisa memberikan manfaat untuk kulit. Oatmeal direkomendasikan untuk kulit sensitif, alergi, dan kulit yang rentan eksim, sebab dipercaya dapat melembabkan kulit. Kandungan antiperadangan dan antioksidannya dapat membantu penyembuhan masalah kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan oatmeal:

Tuangkan oats mentah dan aduk dengan air hangat

Biarkan adonan dingin sebelum diaplikasikan pada kulit

Oleskan pada bekas cacar

Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat

 

2. Baking soda

Baking soda adalah natrium bikarbonat, memiliki fungsi sebagai antibakteri, antijamur, antiseptik, dan antiperadangan. Baking soda juga dipercaya dapat menyembuhkan jerawat.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan baking soda:

Tuangkan dua sendok makan baking soda dan campurkan dengan satu gelas air

Aduk hingga menjadi adonan yang mengental

Oleskan adonan tersebut pada kulit yang terkena dampak cacar

Bilas dengan air

 

3. Air kelapa

Kamu juga bisa menggunakan air kelapa sebagai ramuan alternatif. Mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu detoksifikasi tubuh.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan air kelapa:

Balurkan air kelapa pada bekas cacarKamu juga bisa mencoba mengombinasikan air kelapa dengan air biasa di bathtub, berendam dengan air campuran tersebut

Tidak ada salahnya meminum air kelapa setiap harinya, karena akan membantu proses penyembuhan masalah kulit dari dalam

 

4. Madu

Madu adalah antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Madu dapat menyembuhkan bekas luka pada kulit kamu, membentuk sel yang sehat, dan memperbaiki kondisi kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan madu:

Kamu bisa mencampurkan madu dengan oatmeal untuk membuatnya lebih efektif

Oleskan adonan tersebut pada bekas cacar

Diamkan selama beberapa waktu, sekitar setangah jam hingga satu jam

Bilas dengan air

 

5. Pepaya

Buah ini baik untuk pencernaan, selain itu juga baik untuk menghilangkan bekas luka. Pepaya juga bisa menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan pepaya:

Siapkan pepaya, gula merah, dan susu

Campurkan semua bahan dan aduk dengan baik

Oleskan pada bekas cacar

 

6. Aloe vera (lidah buaya)

Aloe vera alias lidah buaya dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Kandungan asam amino dan antioksidannya dapat menyembuhkan kulit. Tidak heran lidah buaya juga sering digunakan pada kulit dan rambut.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan aloe vera:

Potong daun lidah buaya untuk mendapatkan gel-nya

Oleskan gel tersebut pada kulit dan biarkan sampai kering

Lakukan ini sekitar dua hingga tiga kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik

 

7. Sari lemon

Lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan. Vitamin C baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, sekaligus bisa memulihkan kulit yang rusak.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan sari lemon:

Oleskan sari lemon, bisa menggunakan kapas

Diamkan sari lemon tersebut selama 15 menit

Bilas dengan air

 

8. Minyak kelapa

Tidak hanya air kelapa yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh, kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar manfaat dari minyak kelapa. Kandungan asam lemaknya dapat memperbaiki kulit yang rusak, merangsang produksi kolagen, dan membantu mempercepat penyembuhan kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan minyak kelapa:

Oleskan minyak kelapa pada area bekas cacar

Pijat kulit yang diolesi minyak dan biarkan sampai kering

Ulangi pengobatan ini hingga 3 sampai 4 kali

 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Medis

Kalau kamu merasa menghilangkan bekas cacar air dengan bahan alami terasa lama, kamu juga bisa mencoba cara lain. Meski sangat sulit, bekas luka akibat cacar air tetap bisa dihilangkan secara medis kok. Berikut cara menghilangkan bekas cacar air secara medis yag Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan tabir surya

Cara menghilangkan bekas cacar air bisa dengan menggunakan tabir surya. Agar bekas luka cacar air tidak menghitam, gunakan tabir surya saat hendak bepergian ke luar rumah, terutama pada pukul 08.00–15.00. Hal ini sangat penting, karena kulit bekas cacar lebih mudah menghitam bila terpapar sinar matahari dibandingkan dengan kulit yang sehat. Agar efektif, gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan kamu.

2. Krim perawatan kulit

Cara menghilangkan bekas cacar air bisa juga dengan menggunakan krim perawatan kulit dari dokter spesialis kulit yang bekerja dengan cara mempercepat regenerasi kulit. Krim yang dapat dipakai adalah yang mengandung Hidrokuinon 2%, Tretinoin 0,05%, Tazarotene 0,1%, atau Asam azaleat 20%. Agar bekas luka cacar air bisa hilang sempurna, dibutuhkan kesabaran dan keteraturan dalam menggunakan obat-obatan tersebut. Umumnya, bekas luka cacar air akan memudar dalam 10-12 bulan setelah mengoleskan obat.

Jangan terkejut bila kulit kamu agak mengelupas saat menggunakan krim kulit tersebut. Hal ini merupakan efek samping yang wajar terjadi. Ingatlah untuk menggunakan obat-obatan ini sesuai petunjuk dan pengawasan dokter, agar efek yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

3. Chemical peeling

Cara menghilangkan bekas cacar air secara medis bisa dengan melakukan chemical peeling di klinik kecantikan. Chemical peeling merupakan metode perawatan kulit yang dilakukan dokter dan klinik kecantikan dengan memberikan zat kimia pada kulit untuk merangsang pengelupasan kulit. Dengan mengelupasnya kulit, diharapkan kulit baru yang terbentuk akan terlihat lebih cerah. Salah satu zat yang sering digunakan untuk chemical peeling adalah trichloroacetic acid (TCA) 20-35%. Zat ini umumnya efektif untuk mengatasi bekas kehitaman akibat peradangan di kulit.

Salah satu efek samping yang umumnya timbul adalah rasa perih, kemerahan, dan bengkak di kulit selama beberapa hari hingga satu minggu. Oleh karena itu, chemical peeling tidak boleh terlalu sering dilakukan. Chemical peeling baru boleh dilakukan lagi setelah 3-6 bulan setelah tindakan sebelumnya.

4. Laser

Cara menghilangkan bekas cacar air secara medis lainnya dengan laser. Laser energi tinggi merupakan metode yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Tak hanya itu, tindakan ini juga bisa menghilangkan bercak kulit akibat tanda lahir, tahi lalat, tato, dan lainnya. Namun demikian, penggunaan metode laser harus dipertimbangkan baik-baik pada orang yang berkulit hitam. Ini karena tindakan tersebut berisiko menyebabkan hipopigmentasi, yaitu kekurangan pigmen kulit yang menyebabkan kulit berwarna lebih terang dari kulit sekitarnya.

5. Intense Pulsed Light (IPL)

Cara menghilangkan bekas cacar air yang efektif bisa dengan melakukan IPL di klinik kecantikan yang dilakukan oleh dokter. IPL merupakan metode perawatan kulit dengan menggunakan sinar berintensitas tinggi. Energi dari sinar tersebut akan diterima oleh sel di kulit, dan mengakibatkan perubahan pada komponen kulit yang berperan menyerap sinar (kromofor). Hal ini akan menyebabkan perubahan pada warna kulit.