Sukses

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik Secara Alami di Rumah, Mudah Banget Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering merupakan permasalahan kulit yang umum. Memiliki kulit wajah yang kering dapat menghambat aktivitas karena tidak percaya diri. Kulit kering juga dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak menarik.

Untuk menghilangkan kulit kering, dibutuhkan perawatan kulit khusus. Beberapa permasalahan seperti genetika, kosmetik yang tidak tepat, tingkat stres, dan ketidakseimbangan hormon dapat menjadi faktor munculnya permasalahan kulit kering dengan mudah.

Memiliki kulit yang kering memang sangat mengganggu penampilan. Nah ternyata ada cara untuk mengatasi kulit kering dengan bahan-bahan alami lho. Berikut cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018).

2 dari 3 halaman

Cara untuk mengatasi kulit kering dengan bahan-bahan alami

1. Minyak Zaitun

Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuhmu.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun adalah oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa kamu pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi. Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki serta area kulit kering lain kemudian pijat perlahan. Sehabis itu, silakan mandi kemudian pakaikan lagi body lotion yang ringan.

2. Susu

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Ditambah, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu kamu mencerahkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan susu adalah celupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit kering kamu selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulitmu akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah setiap hari.

Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuhmu. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas tubuh dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.

3. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit kamu sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan madu adalah sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang bagus untuk perawatan mengatasi kulit kering. Kandungan asam lemaknya membuatnya dapat melembapkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa adalah balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Cucilah di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulitmu halus dan lembut. Gunakan juga minyak kelapa pada kulit kering setelah mandi. Ketika kulit masih hangat dan kenyal setelah mandi, minyak kelapa dapat lebih mudah diserap.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kuli t kering,gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara mengatasi kulit kering dengan lidah buaya atau aloe vera:

Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya

Oleskan gelnya ke kulit keringmu.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik di Rumah

1. Mandi atau kompres air hangat

Cara mengatasi kulit kering bersisik adalah dengan mandi air hangat suam-suam kuku, tapi jangan terlalu lama. Dermatologis merekomendasikan untuk mandi air hangat tak lebih dari 5-10 menit. Kamu bisa mengompres area kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati. Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.

2. Gunakan sabun pembersih yang tepat

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah menggunakan sabun pembersih yang tepat. Beberapa sabun wajah dan pembersih benar-benar bisa menjadi terlalu keras untuk kulit sensitif di wajah. Carilah produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang menguras kelembapan dari kulit. Sebaliknya, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.

3. Keringkan tubuh dengan baik

Cara mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan mengeringkan tubuh dengan baik. Kamu mungkin berpikir bahwa meninggalkan wajah tetap lembap setelah mandi akan membantu meningkatkan kelembapan kulit. Salah besar, setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit kamu justru akan lebih kering dari sebelumnya. Jadi, pastikan untuk mengeringkan kulit dengan baik setelah mandi. Selalu gunakan kain lembut dan bersih, dan ingat untuk menepuk-nepuk wajah kamu, jangan menggosok. Keringkan kulit selama kurang dari 20 detik.

4. Oleskan pelembap yang tepat

Cara mengatasi kulit kering bersisik selanjutnya adalah mengoleskan pelembab yang tepat. Oleskan pelembab tebal-tebal untuk menggenjot asupan kelembapan kulit dalam beberapa menit setelah mandi, setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Pilih pelembab ringan yang nonkomedogenik. Hindari menggunakan toner atau astringent berbasis alkohol. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

5. Oleskan petroleum jelly

Cara mengatasi kulit kering bersisik dengan mengoleskan petroleum jelly. Petroleum jelly bekerja dengan baik untuk mengunci kelembapan dan membantu meringankan kekeringan di kulit. Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Meski tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori, sebenarnya molekul jeli ini terlalu besar untuk merasuk ke dalam kulit.

Kamu juga bisa menggunakan minyak organik, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa yang cenderung lebih baik untuk memerangkap kelembapan ke dalam kulit dibanding berbagai krim pelembab yang tersedia di pasaran.

6. Oleskan tabir surya

Cara mengatasi kulit kering bersisik lainnya adalah mengoleskan tabir surya. Kerusakan matahari adalah salah satu penyebab kulit kering bersisik, kasar keriput yang paling umum. Kamu dapat membantu mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir ber-SPF 30 setiap kali akan keluar rumah dan berpakaian dengan tepat. Di cuaca panas, pakai pakaian tangan panjang yang tipis dan longgar, baju lengan panjang, dan topi bertepi lebar untuk menaungi leher, telinga, dan mata. Dalam cuaca dingin, pastikan untuk berpakaian berlapis yang menyerap keringat untuk mencegah kepanasan dan berkeringat berlebihan karena keduanya dapat mengiritasi kulit.

Kue Mirip Tisu Toilet Laku Dijual di Jerman
Loading