Sukses

Cara Membuat Sushi Sederhana ala Rumahan, Mudah dan Menggiurkan

Liputan6.com, Jakarta Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang banyak digemari oleh orang banyak. Tidak hanya di negeri sakuranya sendiri melainkan sampai ke luar negeri, khususnya bagi penggemar makanan Jepang. Bahan utama yang digunakan adalah nasi yang diberi bumbu, bumbu di antaranya adalah gula, garam dan cuka beras. Selanjutnya nasi dikepal dan diberi ikan dan bahan lainnya, bentuknya bulat.

Jenis-jenis sushi sendiri memiliki banyak varian. Ada sushi roll, sushi tuna, sushi avocado, ikura gukan sushi, maguro nigiri, kappa maki, sake nigiri sushi, taro sushi, uni sushi, amaebi sushi, ebi nigiri, tamago yaki sushi, dan masih banyak lagi varian lainnya.

Bagi orang yang pertama kali memakan sushi mungkin akan terasa aneh atau tidak cocok di lidah. Terutama apabila sushi yang pertama kali dimakan memiliki topping ikan mentah. Tapi jika kamu memang pecinta makanan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan rasa sushi ini.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sushi adalah beras. Beras yang digunakan untuk membuat sushi Jepang merupakan beras Jepang yang berbentuk bulat. Nasi dari beras Jepang ini memiliki tekstur yang lengket dan berbeda dengan beras lokal yang ada di Indonesia.

Di Indonesia sendiri beras Jepang ini sulit didapatkan. Walau pun ada harganya pasti sangat mahal. Unutk mengakalinya kamu bisa mencampurkan beras lokal dengan beras ketan. Dengan takaran beras ketannya setengah dari takaran beras lokal.

Selain beras, kamu juga perlu memperhatikan takaran bumbu yang digunakan. Nasi untuk sushi ini memiliki cita rasa yang khas. Takaran untuk bumbunya harus tepat agar menghasilkan rasa yang tepat pula. Rasa dari nasi sushi ini agak asam dan lembut karena campuran dari bumbunya.

Sushi memiliki cara makan yang unik, diameter sushi yang tidak terlalu besar dapat memudahkan untuk melahapnya. Masukkan ke dalam cuka atau saus khusus sushi kemudian makan sekali suap, konon cara makan ini merupakan cara untuk menghargai tamu. Selain itu masih dalam keunikan sushi, bahwa sushi memiliki koki khusus yang lebih banyak dibuat oleh pria.

Sedangkan untuk membuat sushi di rumah, kamu harus mempersiapkan alatnya. Alat yang paling penting adalah tikar bambu kecil untuk menggulung sushi. Nama tikar ini adalah makisu, ada dua jenis tikar yang digunakan untuk membuat sushi. Makisu dengan bambu yang tipis dan makisu dengan bambu yang lebih tebal.

Setelah bambu digunakan untuk menggulung sushi, maka kamu dapat mengeringkan makisu untuk menghindari bakteri dan jamur. Alat yang tidak kalah penting untuk menjaga citarasa sushi adalah hangiri. Hangiri adalah wadah yang terbuat dari bambu, hangiri adalah wadah yang fungsinya untuk menyimpan nasi yang sudah diberi bumbu cuka, garam dan gula.

Nah sudah nggak sabar kan pengen membuat makanan Jepang satu ini secepatnya? Berikut cara memuat sushi sederhana ala rumahan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).

2 dari 5 halaman

Bahan untuk nasi sushi:

200 gram Beras

20 ml cuka beras atau cuka apel

½ sdm gula

½ sdt garam

3 dari 5 halaman

Cara membuat nasi untuk sushi:

1. Cuci beras sampai bersih, seperti mencuci beras pada umumnya.

2. Masak nasi seperti memasak nasi pada umumnya.

3. Setelah nasi matang pindahkan nasi k edalam wadah atau baskom.

4. Masukkan cuka, gula dan juga garam, kemudian aduk hingga merata.

5. Sambil mengaduk bisa dikipas-kipas agar uap dari nasi tersebut cepat menghilang kurang lebih sekitar 15 menit.

6. Setelah nasi mendingin, nasi pun siap digunakan.

4 dari 5 halaman

Bahan-bahan isian:

Nori (rumput laut kering) berbentuk lembaran

1 buah mentimun Jepang, buang bijinya potong memanjang

2 butir telur, dikocok dan dimasak menjadi telur dadar, potong memanjang

1 buah alpukat atau secukupnyaCrab stik secukupnya

Bahan pelengkap dan alat:

Pasta wasabi

Shoyu (kecap asin)

Acar jahe

Mayonaise

Penggulung sushi

5 dari 5 halaman

Cara membuat sushi sederhana:

1. Siapkan penggulungan sushi.

2. Kemudian taruh lembaran nori di atas penggulangan. Bagian mengkilap dari nori ditaruh menghadap ke bawah.

3. Taruh nasi di atas nori dan ratakan hingga setengah dari lembaran nori.

4. Susun bahan-bahan isian yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Setelah itu gulung sushi hingga nasi menjadi padat. Untuk yang pertama kalinya, kamu mungkin akan merasa kesulitan saat menggulungnya, namun lama-kelamaan akan terbiasa.

6. Agar lembaran norinya menempel, kamu bisa mengoleskan sedikit air pada ujung lembaran nori tersebut.

7. Potong sushi menggunakan pisau tajam, umumnya 1 gulungan nasi sushi dapat dibagi menjadi 6 – 8 potong atau sekitar 1,5 cm perpotongnya.

8. Sushi siap disajikan.