Sukses

Dapatkan Bayaran Tinggi dengan 4 Trik Jitu Negosiasi soal Gaji

Liputan6.com, Jakarta Ketika ditawari pekerjaan, tentu Anda akan disodori penawaran gaji yang akan dibayarkan perusahaan. Kebanyakan merasa tidak puas dengan penawaran gaji yang diberikan. Sebenarnya Anda bisa memberikan penawaran lain untuk soal gaji.

Namun, banyak orang merasa sungkan dan takut ketika akan melakukan negosiasi soal gaji. Banyak risiko yang Anda pikirkan ketika melakukan negosiasi gaji. Mulai dari penolakan negosiasi hingga pembatalan tawaran kerja.

Namun, dikutip dari Real Simple pada Kamis (21/6/2018), Anda bisa mencoba empat trik jitu berikut ini ketika hendak negosiasi gaji. Trik ini terbilang cukup aman, sehingga Anda tidak akan kehilangan kesempatan bekerja, tapi tetap bisa bernegosiasi soal gaji.

2 dari 3 halaman

1. Pikirkan di luar gaji

Banyak penawaran gaji yang ditolak karena tidak masuk ke dalam anggaran perusahaan. Jika Anda ingin mendapatkan gaji tambahan, pikirkan kantung pendapatan yang bisa ditambah. Misalnya tambahan dari tunjangan transportasi atau uang makan.

2. Identifikasi minat masing-masing pihak

Cari tahu apa yang menjadi prioritas bos Anda dengan posisi yang ditawarkan. Misalnya, jika memang perusahaan benar-benar membutuhkan orang segera untuk posisi tertentu karena sebuah proyek, Anda bisa membicarakan soal bonus yang didapat dari pengerjaan proyek tersebut.

3 dari 3 halaman

3. Cari tahu seberapa besar nilai posisi Anda

Gunakan negosiasi untuk mencari tahu peluang mana yang bisa memberi nilai tambahan soal uang. Jika bos Anda benar-benar menginginkan Anda, ia mungkin akan melakukan cara apa pun untuk membuat Anda bekerja di perusahaannya.

4. Perlakukan diri Anda dalam bisnis

Seringkali Anda menerima gaji berdasarkan penilaian dari atasan. Anda bisa mencoba mempertimbangkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman Anda di sebuah bidang untuk mendapatkan upah lebih tinggi. Ini juga termasuk bagaimana cara Anda menjual diri Anda kepada perusahaan. Orang yang asertif akan cenderung mendapatkan bayaran lebih mahal ketimbang yang penakut.

Loading
Artikel Selanjutnya
Gaji Pegawai PLN Dipotong karena Mati Listrik, Bagaimana dengan Direksi?
Artikel Selanjutnya
Atur Gaji dengan Metode Simpel Ini, Dijamin Keuangan Membaik