Sukses

Kunyit Mampu Mencegah Kebiasaan Lupa? Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka kunyit sebagai salah satu bumbu dapur yang kerap ada di dalam aneka masakan Indonesia ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan makanan. Kunyit juga diyakini sebagai ramuan yang dapat mencegah kebiasaan lupa pada diri seseorang. Benarkah?

Dilansir dari Independent, sebuah jurnal penelitian yang dilakukan oleh University of California Los Angeles mengungkapkan bahwa kunyit mampu membantu orang-orang yang sering mengalami gejala lupa atau hilang ingatan ringan yang terkait dengan usia, bila dikonsumsi secara rutin.

1 dari 3 halaman

Kandungan kurkumin

Ilustrasi Foto Kunyit (iStockphoto)

Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin yang ada dapat mengurangi peradangan otak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan depresi berat.

Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa Anda cukup mengonsumsi sebanyak 90 miligram kunyit sebanyak dua kali dalam sehari.

2 dari 3 halaman

Khasiat istimewa dari kunyit

Ilustrasi Foto Kunyit (iStockphoto)

Hasilnyapun cukup memuaskan, mereka yang rutin mengkonsumsi selama 18 bulan menunjukkan perbaikan ringan. Tidak hanya itu, dari hasil penelitian tersebut juga disebutkan bahwa tidak hanya membantu mengembalikan ingatan kunyit juga diyakini mampu meningkatkan mood dan rasa senang pada seseorang.

*(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Wajah Kering Saat Puasa dengan Bahan Alami
Artikel Selanjutnya
3 Makanan Ini Ampuh Cegah Sariawan